Sabtu 20 Jul 2024 07:56 WIB

Fun Bike: Sehati untuk Bumi Jadi Ajang Silaturahmi Pegowes

Fun Bike: Sehati untuk Bumi angkat isu sampah yang jadi PR besar DIY.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Indira Rezkisari
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi Road To Pon XXI Aceh Sumut 2024 yang di gelar di Yogyakarta, Sabtu (20/7/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi Road To Pon XXI Aceh Sumut 2024 yang di gelar di Yogyakarta, Sabtu (20/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Republika bersama KONI DIY pagi ini, Sabtu (20/7/2024), menggelar kegiatan Fun Bike: Sehati untuk Bumi. Salah seorang peserta asal kabupaten Sleman Mardiono (62 tahun) mengaku antusias dan bahagia dapat mengikuti kegiatan kolaborasi antara KONI DIY dan Republika tersebut.

Kegiatan ini tidak hanya untuk mendukung atlet dan kontingen DIY berlaga dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024, namun juga mengangkat isu-isu lingkungan. "Senang karena bisa ketemu dengan teman-teman pegowes, jadi ajang silaturahmi dengan para pegowes dan mengitari kota Yogya dan menikmati cagar budaya Jogya," kata Mardiyono.

Baca Juga

Meski masuk usia lansia, Mardiyono mengaku tak lelah dengan fun bike sejauh 11 km. Menurutnya, bersepeda juga bermanfaat bagi kesehatan.

"Ini biasa, karena saya biasanya 19-20 km dan kalau 20 baru ngos-ngosan tapi kan bagaimana cara mengatur ritme dengan napas dan biasakan untuk bersepeda menghirup udara dari hidung tidak dari mulut," katanya.

Direktur Operasional Republika, Nur Hasan Murtiaji, mengatakan gaya hidup sehat membuat badan seha berdampak pula pada jiwa yang sehat. Badan dan jiwa yang sehat, katanya, akan mengantarkan seseorang dalam meraih prestasi terbaik.

Selain menumbuhkan pola gaya hidup sehat, kegiatan ini juga sebagai upaya membangun semangat sportif yang merupakan terjemahan dari akhlak mulia, serta berikhtiar dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa. “Olahraga dengan bersepeda bareng ini menjadi sarana bagi kita semua membangun diri yang prestatif, dan terus peduli pada lingkungan sekitar yang sehat dan bersih,” kata Hasan.

Melalui Fun Bike ini, Hasan berharap dapat memupuk semangat kebersamaan warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk konsisten dalam menerapkan praktik keseharian yang ramah lingkungan. Terlebih, kegiatan ini juga mengangkat isu persoalan sampah yang masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi DIY.

"Semangat kepedulian ini diawali dengan mengampanyekan tagline 'Sampahmu Tanggung Jawabmu' sebagai bagian dari ikhtiar membangun lingkungan tetap sehat dan bersih dari polusi sampah," ungkap Hasan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement