Rabu 17 Jul 2024 16:10 WIB

Lewati Rute 11 KM, Fun Bike Sehati untuk Bumi Bakal ‘Jelajahi’ Kota Yogyakarta

Peserta yang berpartisipasi diperkirakan mencapai ribuan orang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar oleh KONI DIY berkolaborasi dengan Republika.
Foto: KONI DIY
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar oleh KONI DIY berkolaborasi dengan Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kegiatan Fun Bike: Sehati untuk Bumi tinggal menunggu hari. Digelar pada 20 Juli 2024 nanti, kegiatan ini akan melewati rute dengan panjang 11 kilometer. 

Fun Bike dimulai dan berakhir di Lapangan Kenari, Kota Yogyakarta. Peserta nantinya akan diajak mengelilingi Kota Yogyakarta, dimana kegiatannya dimulai pukul 06.00 WIB, Sabtu (20/7/2024).  

Panitia Fun Bike Bidang Kerja Sama, Fitri Susanti mengatakan, rute Fun Bike dimulai dari Lapangan Kenari, kemudian dibawa ke arah barat di perempatan GOR Among Rogo. Selanjutnya, peserta diarahkan ke Jalan Kusumanegara ke arah barat sampai di perempatan Wirobrajan. 

“Dari Wirobrajan, kita bawa peserta ke arah utara sampai di pertigaan BPK. Dari pertigaan BPK, kita bawa peserta ke timur melewati Samsat, kemudian ketemu perempatan Pingit,” kata Santi kepada Republika, Rabu (17/7/2024). 

Selanjutnya, peserta akan melewati Jalan Sudirman setelah dari perempatan Pingit. Setelah itu, peserta akan diarahkan untuk melewati Gor Kridosono hingga nantinya finish di Lapangan Kenari. 

“Jadi dari GOR Kridosono ke timur lewat jembatan layang Lempuyangan itu, kemudian ke timur ke arah Brimob, terus ke selatan dan kembali ke Lapangan Kenari,” jelas Santi.

Santi menjelaskan, rute sepanjang 11 kilometer tersebut dipilih karena jalannya yang cukup lebar. Terlebih, peserta yang berpartisipasi di kegiatan Fun Bike ini diperkirakan mencapai ribuan orang. 

“Rute itu dipilih pastinya karena lebar jalan yang jadi perhatian kami. Kami tidak mungkin melewati jalan yang sempit,” ungkapnya. 

Selain itu, sejumlah titik di rute yang dilewati tersebut juga memiliki cagar budaya. Untuk itu, melalui kegiatan ini juga menjadi promosi Kota Yogyakarta kepada masyarakat luas.

“Kami sengaja lewatkan bangunan heritage, bangunan-bangunan BI itu kami anggap cantik, di Titik Nol Kilometer itu. Kita lewatkan juga di Tugu Pal Putih karena jadi ikon Yogyakarta. Jalan Sudirman, (jalur untuk) pedestriannya itu juga cukup indah untuk dipamerkan,” jelas Santi.   

Kegiatan Fun Bike merupakan kolaborasi antara KONI DIY dan Republika. Dengan mengusung tema ‘Sehati untuk Bumi’, kegiatan ini tidak hanya untuk mendukung atlet dan kontingen DIY berlaga dalam XXI Aceh-Sumut 2024, namun juga mengangkat isu-isu lingkungan. 

Kegiatan Fun Bike 'Sehati untuk Bumi' ini di antaranya disponsori oleh Volta, PT Solusi Bangun Indonesia (Dynamix), Polygon, Mandiri Utama Finance, Dagangan, Kawan Lama Group (ACE), Rumah Zakat, Bea Cukai Yogyakarta, Agung Swalayan, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement