Rabu 10 Jul 2024 20:01 WIB

Demokrat Serahkan Rekomendasi Pasangan Pilgub Sulteng, NTB, dan Riau

Nama Anwar Hafid dan Renny merupakan tokoh yang tidak asing lagi di Sulteng.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat menyerahkan rekomendasi kepada pasangan calon yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di tiga provinsi, yaitu Sulawesi Tengah (Sulteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Riau, pada Rabu (10/7/2024). Tiga pasangan calon di masing-masing daerah itu adalah Anwar Hafid dan Renny, Zulkieflimansyah, dan Suhaili, serta Nasir dan M Wardan.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, nama Anwar Hafid dan Renny merupakan tokoh yang tidak asing lagi di Sulteng. Anwar Hafid disebut kader Partai Demokrat yang pernah menjabat sebagai bupati Morowali selama dua periode. Selain itu, Anwar pernah menjadi legislator di DPR RI. 

Baca Juga

"Pak Anwar Hafid adalah salah satu kader terbaik di Sulawesi Tengah, beliau malang melintang meniti karier, pernah menjadi bupati Morowali dua periode 10 tahun sukses membawa Sulawesi Tengah sejahtera," kata dia di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu.

Karena itu, Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada pasangan Anwar-Renny untuk maju dalam Pilgub Sulteng. Ia meyakini, pasangan itu dapat menang di Pilgub Sulteng. 

Sementara itu, untuk di Pilgub NTB, Partai Demokrat mengusung pasangan Zulkiflimansyah-Suhaili yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar. Zulkieflimansyah disebut sebagai pejawat Gubernur NTB yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan di daerah itu. 

"Dengan latar belakang beliau yang lengkap seorang akademisi yang kemudian menjadi seorang politisi handal dan telah berkarir baik di DPR dan menjadi gubernur, rasanya sangat baik jika apa yang sudah dicapai lima tahun terakhir ini segala hal yang sudah baik bisa dilahirkan lima tahun ke depan," ujar AHY.

Sedangkan di Provinsi Riau, Partai Demokrat mengusung pasangan M Nasir dan HM Wardan. AHY mengatakan, Nasir merupakan salah satu kader yang telah bergabung sejak lama dengan Partai Demokrat.

Menurut dia, Nasir telah menjadi anggota DPR selama tiga periode. Namun, kali ini Nasir memutuskan untuk maju dalam Pilgub Riau untuk mengabdi kepada daerahnya. 

"Karena itu, sebagai salah satu kadar utama Partai Demokrat yang tengah berjuang, kami tentunya ingin memberikan dukungan penuh agar perjuangan Demokrat perjuangan Pak Nasir di Provinsi Riau sukses dan membawa kemenangan untuk lima tahun ke depan," ujar AHY.

Selain memberikan rekomendasi kepada tiga pasangan calon itu, Partai Demokrat dijadwalkan juga akan memberikan rekomendasi kepada tiga pasangan calon lain. Tiga pasangan calon itu akan berlaga di Pilgub Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Timur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement