Rabu 10 Jul 2024 18:36 WIB

Jubir OIKN: Sarana dan Prasarana Siap Sebelum HUT Kemerdekaan

Sarana dan prasarana di IKN sebelum acara peringatan HUT Kkmerdekaan sudah siap.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Erik Purnama Putra
Progres terkini pembangunan gedung di IKN, Kalimantan Timur.
Foto: Dok Biro SDM dan Humas Otorita IKN
Progres terkini pembangunan gedung di IKN, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi terkini pembangunan Ibu Kota Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), mendapat sorotan. Banyak pihak yang ingin mengetahui progres pembangunan di lapangan.

Pasalnya, pemerintah menargetkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ke-79 di sana. Artinya pada 17 Agustus 2024 akan ada beberapa gelaran termasuk apel bendera yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN. Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik/Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Troy Pantouw menjelaskan, saat ini pembangunan sedang tahapan finalisasi.

Baca Juga

Para pekerja di lapangan dan petugas maupun pihak terkait terus bekerja keras demi memberikan hasil terbaik. Menurut Troy, OIKN pun mengapresiasi usaha tersebut.

"Terima kasih dan apresiasi kami kepada semua pihak dan terutama bagi para pekerja di lapangan. Kami optimistis untuk sarana dan prasarananya sebelum acara peringatan HUT Kkmerdekaan sudah siap," ujar Troy kepada Republika.co.id di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Sebelumnya, dalam sebuah siaran pers OIKN, pemerintah terus berkomitmen dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan HUT ke-79 RI di IKN tersebut. Salah satu aspek utama yang menjadi perhatian adalah kesiapan lapangan upacara. Pembangunan sarana dan prasarana itu ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

Pembangunan lapangan upacara yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan telah memasuki tahap akhir. Pemerintah terus mempercepat pembangunan demi memastikan seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dapat siap mendukung terlaksananya upacara di IKN

"Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan upacara kemerdekaan dengan baik. Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan," kata Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement