Selasa 09 Jul 2024 13:18 WIB

Pegi Setiawan Bisa Ditangkap Lagi, Ini Menurut Pendapat Hotman Paris

Pegi dinilai bisa lolos karena penyidik melanggar prosedur acara pidana.

Rep: Thr/fauzi ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota Tim Pembela Prabowo-Gibran, Hotman Paris Hutapea usai menemui Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).
Foto:

“Setelah ditangkap, terhadap yang bersangkutan (Pegi Setiawan) tidak terlebih dahulu sebagai saksi. Tetapi, diperiksa langsung sebagai tersangka,” kata Harli saat ditemui di Kejakgung, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Padahal, kata Harli, Polda Jabar semestinya mentaati ketentuan hukum beracara pidana yang dikuatkan dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yaitu terkait dengan proses penetapan tersangka terhadap seseorang harus berawal dari pemeriksaan sebagai saksi.

“Merujuk keputusan MK, bahwa terhadap itu harus dilakukan pemeriksaan sebagai saksi terlebih dahulu. Kalau ditemukan bukti permulaan yang cukup terhadap yang bersangkutan, maka diperiksa sebagai tersangka. Prosedur-prosedur ini yang tidak dijalankan oleh penyidik kepolisian,” kata Harli.

Sebab itu, kata Harli, JPU memandang putusan praperadilan PN Jabar yang membebaskan Pegi sebagai tersangka, dapat dimaklumi sebagai putusan yang tepat. “Kami sebagai pihak penuntutan sangat menghormati keputusan pengadilan ini. Dalam hal ini, putusan praperadilan yang sudah diputuskan oleh hakim tunggal tersebut harus tetap dilaksanakan,” ujar Harli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement