Ahad 30 Jun 2024 15:20 WIB

KSAU Bertemu Haluk dan Selcuk Bayraktar Lihat Drone Akinci dan Kizilelma

Marsekal Tonny menyaksikan demonstrasi penerbangan Bayraktar Akinci.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono bersama delegasi TNI AU mengunjungi Baykar Technology, Istanbul, Turki, Sabtu (29/6/24).
Foto: @AchmadRPurnama
KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono bersama delegasi TNI AU mengunjungi Baykar Technology, Istanbul, Turki, Sabtu (29/6/24).

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono bersama delegasi TNI AU mengunjungi Baykar Technology, Istanbul, Turki, Sabtu (29/6/24). Tonny bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Baykar Tehcnology Haluk Bayraktar dan Chief Technology Officer (CTO) Baykar Selçuk Bayraktar. Haluk adalah kakak kandung dari Selcuk, yang merupakan menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dikutip dari siaran pers Dispenau, Ahad (30/6/2024), dalam kunjungan ke pabrik pembuat drone terkemuka di Turki, Tonny menerima presentasi dari petinggi Baykar Technology. Selama ini, Baykar Techology, dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang memiliki spesialisasi dalam pesawat terbang tanpa awak Kizilelma, pesawat tanpa awak (UAV) TB2 Bayraktar, Anka, hingga Akinci, serta perusahaan pembuat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baca: KSAU Kunjungi Baykar Technology, Saksikan Demo Drone Akinci

Selama kunjungan, Tonny juga berkesempatan mengunjungi fasilitas Baykar di Corlu, pinggiran Istanbul dan menyaksikan demonstrasi penerbangan Bayraktar Akinci. Sebelum meninggalkan lokasi, mantan ajudan Presiden Jokowi dan Sekretaris Militer Presiden tersebut berfoto di depan Kizilelma dan Akinci.

Sebelumnya, Marsekal Tonny mengungkapkan, TNI AU segera memiliki pesawat nirawak baru untuk melengkapi alat utama sistem senjata (alutsista) nasional. "Kita bisa menerbangkan dari luar area yang ingin kita pantau misalnya di Papua atau di daerah mana, kita bisa menerbangkan dari luar Papua," katanya usai peringatan HUT ke-78 TNI AU di Lapangan Dirgantara AAU, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (22/4/2024).

Baca: KSAU Kunjungi Dassault Aviation, Naik Kokpit Jet Rafale

Tonny menyebutkan, sejumlah pesawat nirawak yang sedang didatangkan, antara lain drone CH-4 dari China serta Anka dan Bayraktar dari Turki dengan spesifikasi medium altitude long endurance (MALE). "Mohon doa restunya angkatan udara menjadi angkatan udara yang adaptif mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan situasi nasional, regional, maupun global," kata Tonny

Baykar Technologies dikenal sebagai pengembang UAV terkemuka dengan teknologi canggih, yang telah berperan penting dalam mendukung kemampuan pertahanan Turki. Sebelumnya, Wakil KSAD Letjen Tandyo Budi Revita juga mengunjungi Baykar Technology sebelum bertolak ke Paris, Prancis.

Sementara itu, Dubes RI untuk Turki Achmad Rizal Purnama juga mengunggah momen pertemuan KSAU dan jajaran TNI AU dengan Haluk dan Selcuk Bayraktar. Rizal bersama Athan RI untuk Turki Kolonel Kav M Amir Aliakbar ikut mendampingi delegasi pucuk pimpinan TNI AU tersebut.

Baca: Wakil KSAD Kunjungi Pabrikan Drone Turki Baykar di Istanbul

"Hari ini saya mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Mohamad Tony Harjono untuk bertemu dengan saudara-saudara saya, ketua dewan, dan kepala bagian teknologi Baykar, Selcuk dan CEO dari BaykarTech Haluk di kantor mereka di Istanbul. Kami membahas prospek kemitraan dan kolaborasi dengan pihak Indonesia di bidang pertahanan udara," ucap Rizal melalui akun X @AchmadRPurnama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement