Rabu 26 Jun 2024 19:45 WIB

Alasan Golkar Belum Buat Keputusan Jadi-tidaknya Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta

Golkar akui elektabilitas Anies Baswedan masih tertinggi untuk Pilgub Jakarta 2024.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto:

Lembaga survei Proximity Indonesia pada bulan lalu merilis hasil survei mengenai tokoh-tokoh yang berpeluang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Nama Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, dan Ridwan Kamil berada di urutan teratas.

Whima menjelaskan, pihaknya melakukan survei tersebut pada 16-25 Mei 2024 dengan responden sebanyak 800 orang. Sampel tersebar secara proporsional pada 80 kelurahan di Jakarta. Adapun metode yang digunakan adalah acak bertingkat dengan tingkat kesalahan atau margin of error +-3,46 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ada sebanyak 21 tokoh yang ditanyakan dalam pertanyaan tertutup kepada para responden. Anies Baswedan merupakan tokoh yang paling tinggi elektabilitasnya dalam survei tersebut.

"Anies Baswedan menjadi tokoh yang paling banyak dikenal dengan 95,80 persen, Basuki Thahaja Purnama atau Ahok 95,30 persen, Ridwan Kamil 92,10 persen, Eko Patrio 86,40 persen, dan Ahmad Sahroni 80 persen," kata Whima.

Kemudian, nama Eko Patrio dengan 86,40 persen dan Ahmad Sahroni dengan 80 persen. Sementara tokoh-tokoh lainnya mendapatkan presentase di bawah 80 persen.

"Pada pertanyaan terbuka atau top of mind, tokoh atau sosok yang akan maju menjadi bakal calon Gubernur Jakarta, nama Anies Baswedan unggul dengan 20 persen, Basuki Thahaja Purnama atau Ahok 14,7 persen, dan Ridwan Kamil 13,6 persen. Sementara tokoh lainnya mendapatkan persentase di bawah 10 persen," terangnya.

Pilgub Jabar

Nama Ridwan Kamil berada di puncak survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang digelar pada 27 Mei-2 Juni 2024. Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jabar apabila pilkada digelar saat survei dilangsungkan.

“Pertama, di atas adalah Ridwan Kamil dengan elektabilitas di top of mind 25,2 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani dalam program bertajuk “Peluang Calon-Calon di Pilgub Jabar” yang disiarkan di kanal YouTube SMRC TV, dipantau dari Jakarta, Jumat (8/6/2024).

Dalam hasil survei pertanyaan terbuka (top of mind) itu, nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kemudian berada di urutan kedua (16,3 persen); lalu mantan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di urutan ketiga (1,3 persen); dan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di urutan keempat (0,9 persen).

“Nama-nama lain masing-masing di bawah 0,9 persen. Masih ada 50,1 persen yang belum dapat memilih secara spontan,” ucapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement