Kamis 04 Jul 2024 14:16 WIB

Dua Komandan Israel Tewas dalam Sehari di Gaza

Serangan serentak perlawanan Palestina terus menimbulkan korban jiwa di pihak IDF.

Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.
Foto: AP Photo/ Ohad Zwigenberg
Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Tentara Israel mengumumkan pada Kamis, tewasnya dua perwira dan seorang tentara serta melukai 3 tentara lainnya dalam dua serangan di Jalur Gaza utara semalam. Kedua perwira yang tewas adalah komandan di pasukan penjajahan Israel (IDF). 

Laman media Israel Yedioth Ahronoth melansir, di antara yang tewas adalah Kapten Roy Miller (21 tahun). Ia adalah seorang komandan peleton di Batalyon Rotem Brigade Givati. Ia ​​tewas ditembak pejuang Palestina di dalam sebuah gedung di utara Gaza. Seorang kapten dan seorang perwira tempur terluka parah dalam insiden yang sama dan telah dievakuasi ke rumah sakit.

Baca Juga

Beberapa jam sebelumnya, IDF melaporkan bahwa Kapten Elay Elisha Lugasi (21), seorang komandan tim di Batalyon 75 Brigade Lapis Baja ke-7, terbunuh oleh rudal anti-tank di lingkungan Sujaiyah di Kota Gaza. Tiga tentara lainnya dari batalion tersebut terluka parah dalam insiden tersebut.

Merujuk Aljazirah, tentara Israel juga mengatakan bahwa pasukan Divisi 98 terus berperang di lingkungan Shujaiya timur Kota Gaza dan telah membunuh sejumlah pejuang selama 24 jam terakhir dan menemukan berbagai senjata.

Tentara menambahkan bahwa angkatan udara membom sejumlah militan di Jalur Gaza tengah, dan pesawat tempur melancarkan serangan di wilayah Rafah yang menargetkan militan dan infrastruktur di kota tersebut.

Kematian yang diumumkan tersebut menjadikan jumlah total tentara yang tewas selama serangan darat Israel terhadap Hamas di Gaza menjadi 324 orang, menurut penghitungan media Israel. Sejak awal perang pada Oktober, 677 tentara IDF telah tewas.

Pejuang Palestina melakukan empat serangan terhadap pasukan Israel di lingkungan Shujaiya di Kota Gaza pada Rabu di mana masyarakat setempat melaporkan kehancuran besar di tengah serangan pasukan darat Israel yang dimulai akhir pekan lalu.

Pejuang Brigade Martir Al-Aqsa dari kelompok Fatah dan Brigade Abu Ali Mustafa dari PFLP juga melakukan serangan terhadap pasukan yang beroperasi di sepanjang Koridor Netzarim, laporan pemantau perang.

Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP), dua lembaga pemikir yang berbasis di AS, juga melaporkan bahwa Jihad Islam Palestina dan para pejuang Brigade Perlawanan Nasional meluncurkan roket antitank terhadap pasukan Israel dalam pertempuran yang berkelanjutan. untuk kota Rafah di selatan Gaza. Empat serangan roket dari Gaza juga menargetkan wilayah selatan Israel pada hari Rabu, laporan ISW ​​dan CTP.

Perlawanan Palestina... baca halaman selanjutnya

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement