Jumat 14 Jun 2024 09:32 WIB

Jelang Idul Adha, Israel Masih Terus Bombardir Gaza

Tak ada baju baru dan mainan untuk anak-anak Gaza menjelang Idul Adha.

Pengungsi Palestina melaksanakan salat Jumat di samping reruntuhan Masjid Al-Islam, yang hancur akibat serangan udara Israel, di Khan Yunis, selatan Jalur Gaza, 24 Mei 2024.
Foto: EPA-EFE/HAITHAM IMAD
Pengungsi Palestina melaksanakan salat Jumat di samping reruntuhan Masjid Al-Islam, yang hancur akibat serangan udara Israel, di Khan Yunis, selatan Jalur Gaza, 24 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Menjelang perayaan Idul Adha pekan depan, tentara penjajahan Israel (IDF) masih terus membombardir Jalur Gaza, menewaskan warga sipil dan memperluas bencana kelaparan. Hari yang mestinya penuh suka cita itu dibayangi kehancuran, kematian, dan kesulitan hidup akibat sembilan bulan tanpa henti serangan brutal penjajah.

Tahun lalu, warga Gaza merayakan Idul Adha penuh kegembiraan. The New Arab melaporkan saat itu, di pagi hari puluhan ribu jamaah, termasuk perempuan dan anak-anak, berbondong-bondong ke masjid dan lapangan untuk melaksanakan salat Idul Adha . Mereka saat itu  mendengarkan khotbah, yang sebagian besar mendesak perlunya rekonsiliasi Palestina dan diakhirinya perpecahan di antara faksi-faksi.

Baca Juga

Usai salat Id, warga Palestina bergegas menuju rumah jagal dan kemudian membagikan sepertiga daging kurban kepada sanak saudara dan sepertiganya kepada fakir miskin, sedangkan sepertiga terakhirnya untuk keluarga, sesuai ketentuan di agama Islam. 

photo
Gadis-gadis Palestina mengikuti salat Idul Adha di taman umum di Kota Gaza pada 2015. - (AP Photo/Khalil Hamra/)

Di sebagian wilayah Timur Tengah, Idul Adha adalah hari raya yang biasanya lebih meriah ketimbang Idul Fitri. Perayaannya bisa berlangsung tanpa henti selama sepekan, tak seperti Idul Fitri yang biasanya langsung disusul puasa sunnah Syawal setelah hari pertama Lebaran.

 

Masyarakat Palestina mengungkapkan kegembiraannya bisa merayakan Idul Adha saat itu. Harapan mereka membuncah, dengan harapan tahun-tahun mendatang akan lebih baik dan masyarakat setempat dapat menikmati perdamaian politik dan kemakmuran ekonomi. 

Saat itu, Idul Adha selang beberapa bulan dari pemboman Israel ke Gaza pada Agustus 2022. “Kami menantikan intervensi internasional untuk menekan Israel agar menghentikan pelanggarannya terhadap rakyat Palestina,” ujar Sameh Abu Shaaban saat itu. 

Sentimen penuh harapan  yang sama juga disampaikan warga Gaza lainnya, Ibrahim Shaladan, warga lain yang tinggal di Gaza. “Saat-saat yang menggembirakan seperti itu membantu anak-anak kami mengetahui bahwa kami mengadakan festival dan bahwa kami mencintai kehidupan. Sayangnya, anak-anak kami terpaksa hidup di bawah tekanan sepanjang waktu karena serangan Israel dan eskalasi di Gaza,” kata ayah empat anak berusia 43 tahun itu.

Semua harapan dan optimisme pada Idul Adha tahun lalu itu musnah saat ini. “Kami tidak punya apa-apa untuk mempersiapkan Idul Adha,” kata seorang pengungsi Palestina, Umm Thaer Naseer, kepada Aljazirah semalam.

“Anak-anak meminta ayah mereka membelikan pakaian untuk hari raya ini,” katanya di Beit Lahiya di Gaza utara. Namun, akibat serangan brutal Israel, semua barang-barang sudah melonjak tak terjangkau, mulai dari bahan pokok hingga mainan anak-anak.

photo
Warga Palestina antre untuk pembagian makanan di Deir al Balah, Gaza, Jumat, 10 Mei 2024. - (AP Photo/Abdel Kareem Hana)

“Dari mana ayah mereka membelinya? Dia telah menganggur selama delapan bulan dan berpindah dari satu tenda ke tenda lainnya… Ayah mereka hampir tidak bisa memberi makan dirinya sendiri.”

Fadi Naseer, pengungsi perang lainnya, mencatat bahwa “di masa normal”, rumah dan jalan di Gaza akan dipenuhi dekorasi menjelang Idul Adha. “Saat ini kami bahkan tidak memiliki rumah lagi, dan tidak ada apa pun untuk didekorasi”.

Sementara, tank-tank Israel terus meluncur ke bagian barat Rafah pada Kamis. Dari udara, kota itu mendapat serangan hebat dari helikopter, drone, dan artileri. Warga menggambarkan serangan itu sebagai salah satu pemboman terburuk di wilayah tersebut sejauh ini.

Serangan terhadap Rafah telah mengusir lebih dari satu juta warga Palestina yang selama ini berlindung di sana. Memaksa mereka mengungsi ke daerah-daerah yang memiliki sedikit atau tanpa akses terhadap makanan, air atau tempat berlindung. PBB telah memperingatkan bahwa lebih dari satu juta orang diperkirakan “menghadapi kematian dan kelaparan pada pertengahan Juli”.

Resolusi gencatan senjata yang disepakati di Dewan Keamanan PBB pekan lalu belum ada ujungnya. Pihak Israel sama sekali belum mengeluarkan pernyataan menerima proposal tersebut. Sementara Hamas menyatakan setuju namun mengamandemen beberapa bagian dari draf awal yang diusulkan Amerika Serikat itu. 

Pasukan pendudukan Israel telah melancarkan perang genosida di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023. Agresi berkelanjutan ini telah mengakibatkan terbunuhnya lebih dari 37.232 orang dan melukai 85.037 lainnya, serta ribuan korban masih terjebak di bawah reruntuhan.

Pembantaian berlanjut... baca halaman selanjutnya

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement