Selasa 11 Jun 2024 10:52 WIB

Manfaatkan AI, Dosen Univeristas BSI Beri Pelatihan Buat Presentasi Menarik

Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian dosen pada masyarakat.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat, pada Sabtu 8 Juni 2024, pukul 08.00 WIB.
Foto: Dok Republika
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat, pada Sabtu 8 Juni 2024, pukul 08.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dalam upaya memperluas pengetahuan dan keterampilan di era teknologi yang berkembang pesat, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan pengabdian masyarakat, pada Sabtu 8 Juni 2024, pukul 08.00 WIB. Acara pelatihan ini diikuti oleh para pengurus/pengelola dan anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darul Hikmah yang berlokasi di Jl H Terin No 6, RT 6/RW 3 Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok.

Pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi dosen yang rutin dilaksanakan setiap semester. Acara ini mengangkat tema Pelatihan Membuat Materi Presentasi Dengan Artificial Intelegent Pada Pengurus DKM Darul Hikmah. 

Baca Juga

Wakil DKM Masjid Darul Hikmah Depok, Kholilurohman menyambut baik acara ini dan menyatakan senang atas kehadiran dosen Universitas BSI yang selalu mengadakan silaturahim dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan para pengelola DKM Masjid Darul Hikmah. 

“Saya merasakan kegiatan kali ini telah membuka wawasan kepada pengurus bagaimana perkembangan teknologi kecerdasan buatan dapat mempermudah kerja manusia dan dapat membantu syiar khususnya bagi para penceramah dalam menyampaikan isi ceramahnya menjadi lebih menarik melalui teknologi kecerdasan buatan,” ungkap pria yang akrab disapa kholil ini.

 

Sementara itu, Rian Septian Anwar salah satu dosen Universitas BSI yang juga ahli di bidang AI memperkenalkan konsep-konsep dasar tentang AI, memberikan panduan praktis tentang cara memilih dan menggunakan alat AI yang tepat untuk kebutuhan presentasi, serta memberikan contoh penerapan nyata dalam berbagai konteks.

“Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, penciptaan dan pengenalan gambar,” terang Rian saat memberikan materi.

Rian menegaskan bahwa tujuan menggunakan AI untuk menciptakan sistem belajar mandiri yang memperoleh makna dari data. 

“Teknologi AI dapat menerapkan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah baru dengan cara layaknya yang dilakukan manusia,” kata Rian.

Pada kesempatan ini, Rachmat Adi Purnama sebagai ketua pelaksana kegiatan mengatakan pelatihan ini tidak hanya memungkinkan peserta untuk meningkatkan keterampilan presentasi, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana teknologi AI dapat digunakan secara efektif dalam komunikasi visual. 

“Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam mendukung pengembangan kompetensi masyarakat dalam menghadapi tantangan teknologi yang terus berkembang,” ungkap Rachmat pada rilis yang diterima, Selasa (11/6/2024).

Adanya pelatihan ini, jelas Rachmat memperkenalkan bagaimana membuat sebuah presentasi dengan teknologi AI.

“Semoga kegiatan pelatihan ini dapat menambah wawasan peserta sehingga memahami cara menggunakan alat kecerdasan buatan dalam membuat presentasi yang efektif,” tutupnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement