Ahad 09 Jun 2024 06:15 WIB

Belgia Bekuk Luksemburg, Denmark Bungkam Norwegia

Belgia yang nyaris berkekuatan penuh mengawali pertandingan dengan cepat.

Rep: Fitriyanto/ Red: Mas Alamil Huda
Romelu Lukaku melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiganya pada laga kualifikasi Grup F UEFA EURO 2024 antara Belgia dan Azerbaijan, di Brussels, Belgia, 19 November 2023.
Foto: EPA-EFE/OLIVIER MATTHYS
Romelu Lukaku melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiganya pada laga kualifikasi Grup F UEFA EURO 2024 antara Belgia dan Azerbaijan, di Brussels, Belgia, 19 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Romelu Lukaku memperpanjang rekor gol Belgia saat mereka mengakhiri persiapan mereka untuk Kejuaraan Eropa dengan kemenangan 3-0 atas tetangganya, Luksemburg, di Brussels pada Sabtu (8/6/2024).

Lukaku mencetak gol penalti pada menit ke-42 untuk gol internasionalnya yang ke-84 dan mencetak gol kedua setelah mendapat umpan dari Jeremy Doku dari umpan kiri dan persegi. Leandro Trossard menambahkan gol ketiga 10 menit menjelang pertandingan usai.

Baca Juga

Belgia yang nyaris berkekuatan penuh mengawali pertandingan dengan cepat. Namun, peluang Kevin De Bruyne dan Lukaku untuk membuka skor digagalkan oleh pertahanan Luksemburg yang penuh determinasi.

Ada juga peluang bagi Trossard, sementara Doku menyusahkan pertahanan tim tamu tetapi tekel yang ulet membuat mereka tetap bertahan sampai Lukaku melakukan lari kuat dari garis tengah dan memenangkan penalti setelah diadang oleh Enes Mahmutovic.

Lukaku gagal mengeksekusi tendangan penalti namun berhasil mencetak gol dan usahanya tidak dapat dihentikan ketika Doku memberikan umpan untuk gol keduanya pada menit ke-57.

Trossard mencetak gol ketiga pada menit ke-80, meneruskan umpan panjang Wout Faes, menguasai bola dan melepaskan tembakan ke gawang.

Seharusnya bisa lebih baik jika kiper Luksemburg kelahiran Belgia Anthony Moris tidak melakukan beberapa penyelamatan penting setelah melewatkan pernikahan saudaranya untuk bermain dalam pertandingan tersebut.

Akan ada kekhawatiran di kubu Belgia tentang ketersediaan bek sayap Thomas Meunier di Euro 2024, yang harus meninggalkan lapangan setelah menit ke-18 karena cedera paha.

Belgia mengalahkan Montenegro 2-0 pada hari Rabu dalam pertandingan pemanasan pertama mereka. Para pemainnya mendapat libur beberapa hari sebelum berangkat ke Jerman dan menjalani laga pembuka Euro 2024 melawan Slovenia di Frankfurt pada 17 Juni.

Denmark kalahkan Norwegia

Sementara itu Denmark mengakhiri persiapan Euro 2024 dengan kemenangan 3-1 atas Norwegia di Stadion Brondby yang membuat Pierre-Emile Hojbjerg mencetak gol untuk pertandingan internasional ketiga berturut-turut, dengan Erling Haaland mencetak gol hiburan untuk tim tamu.

Gelandang Hojbjerg memulai pertandingan hari Sabtu (8/6/2024) dengan gol di menit ke-12 dari tendangan kaki kanannya yang kuat, dan Denmark menambah gol kedua ketika bek Jannick Vestergaard menyundul bola dari sepak pojok Andreas Skov Olsen sembilan menit kemudian.

Denmark melakukan banyak pergantian pemain di babak kedua. Haaland sempat dianulir golnya setelah tinjauan VAR di menit ke-65, namun tidak ada yang dapat menghentikannya tujuh menit kemudian, saat sebuah umpan dari Martin Odegaard yang luar biasa memberinya umpan untuk memperkecil ketertinggalan.

Youssef Poulsen mencetak gol ketiga di waktu tambahan babak kedua untuk memberikan Denmark kepulangan yang sempurna saat mereka menuju Jerman, di mana mereka akan menghadapi Slovenia, Inggris, dan Serbia di Grup C, dengan Slovenia akan bermain lebih dulu di Stuttgart pada 16 Juni.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement