Ahad 09 Jun 2024 04:40 WIB

Jadi Penonton di Rumah Sendiri, Hasil Indonesia Open 2024 Alarm bagi PBSI Jelang Olimpiade

Tidak ada wakil Indonesia untuk Olimpiade yang menembus semifinal Indonesia Open.

Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani .
Foto: Dok Humas PBSI
Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada wakil Indonesia yang berlaga pada partai final turnamen bulu tangkis bergengsi yang berlangsung di rumah sendiri, Indonesia Open 2024. Salah satu dari hanya empat Turnamen BWF Super 1000 pada edisi tahun didominasi oleh para pebulu tangkis dari China.

Dari sektor tunggal putra, unggulan kedua Shi Yu Qi akan berjumpa dengan pemain unggulan Denmark Anders Antonsen di partai puncak. Kepastian itu didapatkan setelah menumbangkan rekan satu negaranya, Li Shi Feng di babak semifinal dengan skor 19-21, 21-19, 21-14 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga

Pertandingan Shi melawan Anders Antonsen di final turnamen Indonesia Open 2024 menjadi perjumpaan kedelapan mereka. Pada pertemuan terakhir di final Malaysia Open 2024, Antonsen meraih kemenangan dua gim langsung dengan skor 21-14, 21-13.

Di tunggal putri, juara bertahan Indonesia Open Chen Yu Fei akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Korea Selatan An Se-young di partai penentu. Ini merupakan pertemuan ke-20 dari tunggal putri peringkat satu dan dua itu, dengan pertemuan terakhir dimenangkan oleh An pada final Singapore Open 2024.

 

Selanjutnya di nomor ganda putra, wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang akan bertemu dengan pasangan Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee di babak final. Dalam tiga kali pertemuan, Man/Tee belum pernah memenangkan satu pun laga atas pasangan peringkat dua dunia itu.

Man/Tee melaju ke final setelah menyingkirkan satu-satunya wakil Indonesia di empat besar, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi, dengan kemenangan 29-27 dan 21-13.

Lalu dari ganda putri, China diwakili oleh pasangan peringkat satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Chen/Jia akan menjamu sang juara bertahan asal Korea Selatan Baek Ha-na/Lee So-hee di partai puncak turnamen BWF Super 1000 esok.

Ini merupakan pertemuan kedelapan di antara kedua pasangan, dan pertemuan terakhir dimenangkan oleh Chen/Jia pada final World Tour Finals 2023.

Terakhir, duel di antara dua pasangan ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dipastikan terjadi pada babak final Indonesia Open 2024.

Catatan buruk tuan rumah

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, Indonesia Open 2024 menciptakan sejarah buruk. Bila pada 2022 tak ada satu pun wakil Indonesia di semifinal, kali ini hanya ada Sabar/Reza yang lolos ke empat besar. Itu pun, Sabar/Reza bukanlah penghuni Pelatnas PBSI Cipayung. Mereka sudah keluar akhir 2021 lalu karena ingin mengembangkan potensinya di luar.

Sebelum...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement