Ahad 09 Jun 2024 05:06 WIB

Modric Pimpin Kroasia Kalahkan Portugal dalam Pemanasan Euro, Spanyol Menang Telak

Kroasia menang 2-1 atas Portugal yang tidak memainkan Cristiano Ronaldo.

Pemain Kroasia Ante Budimir (tengah) merayakan golnya ke gawang Portugal bersama rekan-rekannya dalam laga pemanasan jelang Euro 2024.
Foto: AP Photo/Pedro Rocha
Pemain Kroasia Ante Budimir (tengah) merayakan golnya ke gawang Portugal bersama rekan-rekannya dalam laga pemanasan jelang Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Luka Modric mencetak gol penalti untuk membantu Kroasia mengalahkan Portugal 2-1, sementara Spanyol menaklukkan Irlandia Utara 5-1 dalam pertandingan pemanasan menjelang Kejuaraan Eropa, Ahad (9/6/2024) dini hari WIB.

Pertandingan persahabatan tersebut merupakan yang terakhir bagi Spanyol dan Kroasia sebelum mereka berhadapan pada Euro 2024, 15 Juni mendatang di Berlin. Kedua tim berada di Grup B yang keras bersama Italia dan Albania.

Baca Juga

Vitinha menjatuhkan Mateo Kovacic di kotak penalti segera setelah kick-off, yang menghasilkan penalti pada laga di Stadion Nasional, Oeiras. Luka Modric maju sebagai eksekutor. Kiper Portugal Diogo Costa menebak dengan tepat ke mana Modric akan membidik, tetapi penyelamannya ke kanan meleset tipis saat gelandang Real Madrid itu mencetak golnya yang ke-25 untuk Kroasia.

Pemain pengganti di babak kedua Diogo Jota menyamakan kedudukan bagi Portugal tiga menit setelah masuk, ketika sesama pemain pengganti Nelson Semedo memberinya umpan silang pendek dari kanan di dalam kotak penalti. Penyerang Liverpool itu tidak membuat kesalahan dengan penyelesaian jarak dekat.

 

Namun Kroasia mengembalikan keunggulan mereka delapan menit kemudian melalui Budimir. Costa berusaha keras menepis bola percobaan pertama. Ia berhasil membelokkannya ke mistar gawang. Namun bola pantul kembali mengarah ke Budimir yang menyundulnya ke gawang dengan mudah.Hingga laga berakhir, skor tetap 2-1 dan penyerang Cristiano Ronaldo yang duduk di bangku cadangan tidak dimasukkan pelatih Roberto Martinez.

Hasil ini memutus rangkaian hasil positif Portugal saat bertemu Kroasia. Ini merupakan kemenangan pertama Kroasia dari Selecao das Quinas. Sebelumnya, Portugal memenangkan enam dari tujuh pertandingan melawan Kroasia. Portugal akan memulai kiprahnya di Grup F Euro 2024 melawan Republik Ceko pada 18 Juni.

Dari laga Spanyol, Irlandia Utara mengejutkan La Roja lewat gol sundulan Daniel Ballard pada menit kedua. Namun tim asuhan Luis de la Fuente berhasil mengalahkan lawan mereka yang tidak diunggulkan di Stadion Mallorca San Moix.

Pedri menyamakan kedudukan lewat golnya pada menit ke-12. Ini menjadi gol pertamanya dalam penampilan ke-20 untuk Spanyol. Gelandang Barcelona, yang kini berusia 21 tahun, membantu Spanyol mencapai semifinal Euro 2021, tetapi tidak bermain sejak Piala Dunia 2022 karena cedera. Ia kembali tampil dalam kemenangan 5-0 Spanyol atas Andorra pada Rabu. Ia kemudian mencetak gol keduanya ke gawang Irlandia Utara pada menit ke-29.

Álvaro Morata, Fabián Ruiz, dan Mikel Oyarzabal, yang mencetak gol ke gawang Andorra, kembali menyumbangkan gol dalam laga ini.

Dari pertandingan uji coba lainnya, Romelu Lukaku mencetak dua gol dan pemain Arsenal, Leandro Trossard, menambahkan gol ketiga saat Belgia mengatasi Luksemburg 3-0.

Belgia diperkirakan akan melaju dari Grup E yang juga diisi Ukraina, Slovakia, dan Rumania.

Serbia meraih kemenangan 3-0 di Swedia berkat gol-gol dari Sergej Milinković-Savić, Aleksandar Mitrović dan Dušan Tadić.

Inggris dan Serbia akan membuka pertandingan pada tanggal 16 Juni di Grup C yang juga beranggotakan Denmark dan Slovenia.

Denmark mengalahkan Norwegia 3-1, dengan Erling Haaland mencetak satu-satunya gol bagi tim yang kalah. Pierre-Emile Hojbjerg, Jannik Vestergaard, dan Yussuf Poulsen mencetak gol untuk Denmark.

Slovenia membutuhkan Jan Oblak untuk melakukan penyelamatan di waktu tambahan untuk memastikan hasil imbang 1-1 atas Bulgaria.

Swiss dan Austria bermain imbang 1-1 setelah Silvan Widmer menyamakan kedudukan untuk Swiss, setelah gol di awal pertandingan yang dicetak oleh Christoph Baumgartner.

Austria dan Prancis akan berhadapan dalam pertandingan pembuka mereka pada 17 Juni. Mereka berada di Grup D bersama Belanda dan Polandia.

Swiss berada di Grup A bersama Jerman, Skotlandia dan Hungaria, yang mendapat dua gol dari Barnabás Varga untuk mengalahkan Israel 3-0.

sumber : AP/Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement