Senin 22 Apr 2024 18:43 WIB

Survei Indikator Dinilai Perkuat Adanya Skenario Pembubaran KPK

"Pada titik ini, berhasil agenda para koruptor dengan gong korupsi menjadi bebas."

Gedung KPK (ilustrasi)
Foto:

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango pun menepis wacana peleburan lembaga antirasuah dengan Ombudsman. Nawawi menganggap isu tersebut dusta karena tak pernah dibicarakan oleh Presiden Jokowi.

Selama berkomunikasi dengan Presiden Jokowi, Nawawi tak mendengar wacana peleburan KPK. "Pepesan kosong, enggak ada tuh. Saya pastikan bohong, saya belum pernah ketemu Presiden untuk urusan seperti itu," kata Nawawi dalam keterangan pers pada Jumat (5/4/2024).

Nawawi tidak tahu wacana itu muncul darimana. Hanya saja, Nawawi menduga ada pihak yang ingin membuat citra KPK makin buruk dengan memanfaatkan momentum masalah di internal KPK. 

"Sepertinya ada pihak yang sengaja menghembuskan isu-isu di tengah situasi yang banyak kritikan terhadap lembaga ini," ujar Nawawi.

Nawawi ogah menjawab soal isu tersebut lebih rinci. Nawawi menjamin KPK akan tetap pada mandatnya untuk memberantas korupsi di Tanah Air.

"(Kami) memastikan bahwa hal-hal yang dihembuskan itu adalah tidak benar," ujar Nawawi.

Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman mengaku terkejut dengan adanya isu peleburan antara KPK dengan Ombudsman. Tegasnya, hal tersebut tak pernah sekalipun dibahas oleh lembaganya.

"Tidak pernah ada bahasannya di manapun," ujar Habiburokhman saat dikonfirmasi, Ahad (7/4/2024).

Di samping itu, tak pernah ada sekalipun diskusi atau pembicaraan terkait peleburan dua lembaga tersebut. Apalagi menurutnya, KPK dan Ombudsman memiliki tugas pokok yang benar-benar berbeda.

"Fungsi Ombudsman dan KPK kan jauh, setahu saya tidak akan ada (peleburan)," ujar Habiburokhman.

photo
Karikatur Opini Republika : Pungli KPK (Lagi) - (Republika/Daan Yahya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement