Jumat 19 Apr 2024 18:42 WIB

TNI AU dan AS Dipastikan Gelar Latihan Bersama Cope West MAF 2024

TNI AU berharap jajarannya dapat meningkatkan kualitas personel dan alutsista.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
TNI AU dan United State Pacific Air Force (US PACAF) bertemu di Gedung Bina Yudha Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2024).
Foto: Antara/HO-Humas TNI
TNI AU dan United State Pacific Air Force (US PACAF) bertemu di Gedung Bina Yudha Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI AU dan militer Amerika Serikat (AS), yakni United State Pacific Air Force (US PACAF) dipastikan menggelar latihan bersama Cope West MAF 2024 pada Juli mendatang. Persiapan Cope West MAF 2024 membahas beberapa hal seperti persiapan manuver latihan, kesiapan tempat, skenario kegiatan, hingga dukungan administrasi dan logistik.

Jajaran TNI AU dan US PACAF pun menggelar pertemuan terakhir membahas persiapan latihan bersama di Gedung Bina Yudha Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4). Dalam kegiatan latihan tersebut, TNI AU nantinya menurunkan pesawat C-130 TNI AU, personel Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Baca: TNI AU dan RAJF Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Airdrop

Dengan adanya kegiatan itu, TNI AU berharap jajarannya dapat mengalami peningkatan kualitas personel dan alutsista. Tidak hanya itu, TNI AU juga berharap kegiatan latihan gabungan ini dapat membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan AS semakin harmonis.

Sebelumnya, TNI AU saat ini tengah gencar merangkul beberapa negara untuk melakoni latihan bersama. Yang paling baru yakni kerja sama latihan gabungan dengan militer udara Prancis yakni French Air and Space Foreca (FASF).

Baca: Dua FREMM dari Italia akan Jadi Kapal Perang Terbesar TNI AL

Dalam siaran pers TNI AU, dijelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan meliputi bidang latihan, pendidikan, subject matter exchange expert (SMEE) dan operasi penerbangan. Dengan latihan bersama,  kedua negara berkesempatan untuk saling bertukar personel, instruktur dan materi pendidikan.

Tidak hanya itu, latihan itu juga memfasilitasi kedua negara untuk saling bertukar tenaga ahli atau spesial dalam bidang taktik dan alutsista. Selain itu, diadakannya Cope West MAF 2024 memungkinkan kedua negara saling bertukar pengalaman dan teknik dalam operasi penerbangan dalam menjaga teritorial negara.

Baca: Hadiah Unik Bilah Pesawat dari KSAU ke-24 untuk KSAU ke-23

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement