Jumat 19 Apr 2024 16:18 WIB

Menpan-RB: Pemindahan ASN ke IKN Dilakukan Bertahap Hingga 2029

Bukan kementerian tertentu yang pindah lebih dulu, tapi semua pindah bertahap ke IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas.
Foto: dok. Humas Kemenpan-RB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, dilakukan secara bertahap. Proses pemindahan dimulai tahun ini hingga 2029, melalui tiga prioritas.

"Pemindahan ASN dilakukan secara bersama-sama semua kementerian dengan tiga prioritas. Bukan kementerian tertentu yang pindah lebih dulu, tapi semua kementerian pindah bertahap," ujar Azwar dalam rilis Humas Otorita IKN yang diterima di Kota Samarinda, Jumat (19/4/2024).

Baca: Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Minyak Kemiri di Sebatik

Total jumlah ASN yang pindah ke IKN secara bertahap sebanyak 32.937 orang. Mereka terdiri dari pemindahan prioritas 1 dengan 179 unit pejabat eselon 1 di 38 kementerian/lembaga. Adapun jumlah ASN yang pindah sebanyak 11.016 orang.

Untuk pemindahan prioritas 2 dengan melibatkan 91 unit pejabat eselon 1 di 29 kementerian lembaga, dengan jumlah ASN yang pindah ke IKN 6.884 orang. Sedangkan prioritas pemindahan ke-3 melibatkan 378 unit eselon 3 di 50 kementerian/lembaga, dengan jumlah ASN yang pindah ke 14.237 orang.

"Jumlah ASN yang pindah pada masing-masing prioritas ini, di dalamnya termasuk pimpinan instansi, jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya, JPT pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan pelaksana," kata Azwar.

Baca: KSAD dan Pangkostrad Panen Raya Padi di Lahan Kostrad Subang

Selain pemindahan ASN, untuk mengisi pegawai di IKN juga telah disiapkan berbagai rancangan. Di antaranya, rencana pengisian formasi calon pegawai negeri (CPNS) khusus IKN di tahun ini, kemudian ada kuota khusus putra-putri terbaik di Provinsi Kaltim.

"Mengapa kami beri kuota khusus untuk penerimaan CPNS dari Kaltim, karena penerimaan CPNS ini akan diikuti dari seluruh provinsi di Indonesia, sehingga dikhawatirkan hanya sedikit peserta dari Kaltim yang lolos, makanya diperlukan kuota khusus. Nanti akan dihitung berapa persen kuotanya," kata Azwar.

Selain itu, lanjut Azwar, untuk mengisi pegawai di IKN juga akan dilakukan skema mutasi pegawai berstatus ASN dari pemda di wilayah Kaltim. Meski begitu, tetap dilakukan seleksi secara terbuka untuk merekrut pegawai berkualitas yang ditempatkan di IKN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement