Kamis 04 Apr 2024 14:47 WIB

Anwar Ibrahim Mengaku Perjalanan Politiknya Bersama Prabowo Hampir Sama

Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo bertemu PM Anwar Ibrahim di Putrajaya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menerima Menteri Pertahanan dan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto di Putrajaya, Malaysia, Kamis (4/4/2024).
Foto: FB Anwar Ibrahim
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menerima Menteri Pertahanan dan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto di Putrajaya, Malaysia, Kamis (4/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PUTRAJAYA -- Presiden terpilih RI sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Putrajaya, Kamis (4/4/2024). Keduanya membahas arah hubungan kedua negara serta perjalanan karier politik masing-masing.

Anwar dalam pernyataan yang diterbitkan di akunnya di media sosial mengatakan, ia  menerima kunjungan resmi Presiden terpilih Indonesia yang merangkap Menhan Prabowo Subianto. Pertemuan di kantornya itu, menurut Anwar, merupakan sebagai bagian dari kunjungan istimewa satu hari ke Malaysia.

Baca: Prabowo Tinjau SMP di Beijing yang Sediakan Makan Siang Gratis

"Momen ini kami gunakan untuk berkongsi pengalaman dan bertukar pendapat mengenai karier masing-masing dan arah seterusnya dalam merapatkan lagi hubungan Malaysia-Indonesia," kata Anwar.

Menurut dia, perjalanan karier politik dirinya maupun Prabowo hampir sama, yaitu diuji dengan berbagai tantangan sebelum dilantik. Perjalanan karier menjadi topik perbincangan santai, yang juga diselingi kisah Prabowo sewaktu melanjutkan pelajaran dan pendidikan menengah di Victoria Institution (VI) Kuala Lumpur.

"Saya sempat titipkan tahniah dan selamat maju jaya kepada Prabowo yang bakal dilantik sebagai Presiden ke-8 Indonesia. Semoga hubungan persahabatan Malaysia-Indonesia terus erat dan diperkukuh demi kebaikan bersama di masa depan," kata Anwar.

Baca: China, Negara Pertama yang Dikunjungi Presiden Terpilih Prabowo

Prabowo melawat ke Malaysia, selepas menyambangi China pada Ahad-Selasa (31/3-2/4/2024) dan Jepang pada Selasa-Rabu (2-3/4/2024), untuk bertemu dengan PM Anwar di Putrajaya pada Kamis. Malaysia menjadi negara ketiga yang dikunjungi Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya sejak ditetapkan sebagai presiden terpilih.

Prabowo dan rombongan tiba di Pangkalan Udara Subang, Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Rabu malam WIB, dan disambut Menhan Malaysia Mohamed Khaled Nordin dan Atase Pertahanan RI Brigjen Winarno. Prabowo juga diagendakan bertemu Menhan Mohamed Khaled Nordin di Kuala Lumpur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement