Kamis 21 Mar 2024 19:46 WIB

Kemendikbudristek Minta Guru Petakan Kelebihan dan Kekurangan Murid

Asesmen diagnostik adalah proses pemetaan awal yang dilakukan oleh guru

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala BSKAP Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, dalam webinar terkait RUU Sisdiknas, Kamis (21/4/2022).
Foto: Tangkapan layar
Kepala BSKAP Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, dalam webinar terkait RUU Sisdiknas, Kamis (21/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan, asesmen diagnostik menjadi kunci utama keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang dikembangkan untuk merespons beragam kebutuhan dan kemampuan tiap murid dalam aktivitas belajar.

“Asesmen diagnostik adalah proses pemetaan awal yang dilakukan oleh guru untuk mendapatkan profil lengkap peserta didik, termasuk kelebihan dan kekurangan murid,” ucap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo lewat keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Dia menjelaskan, fase itu akan membantu guru untuk memahami serta menentukan kompetensi murid. Dengan begitu, guru dapat menentukan tema, pengaplikasian, hingga proses pembelajaran yang tepat bagi murid sesuai dengan profil mereka masing-masing.

Dia juga menyatakan, minat serta kemampuan murid dalam memahami suatu pelajaran akan divalidasi oleh guru dalam proses pembelajaran berdiferensiasi. Di mana hal itu dapat dilakukan setelah asesmen diagnostik dilaksanakan.

“Jadi proses asesmen diagnostik secara tidak langsung menjadi bentuk penghargaan bagi murid itu sendiri, karena pendekatan belajarnya sesuai dengan profil mereka,” kata pria yang kerap disapa Nino itu.

Dengan demikian, Nino berharap kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada murid betul-betul dapat berjalan optimal, sesuai dengan kondisi tiap peserta didik dan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Pada kesempatan yang sama, Guru SDN 1 Pringsewu Timur Etika Indah Febriani memaknai, asesmen diagnostik sebagai langkah pertama dan utama untuk memahami karakter siswa-siswi.

Etika mengaku proses asesmen diagnostik sangat memudahkan guru dalam memilih pendekatan belajar yang tepat. Keterlibatan orang tua murid untuk menggali informasi terkait kondisi siswa juga diperlukan, demi mendapatkan gambaran yang lebih valid dalam proses asesmen.

“Proses ini memang sangat menarik karena kita jadi tahu aset apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk mengelola pembelajaran ini. Jadi tidak hanya perlu kolaborasi antar guru maupun jajaran dinas, tapi ada peran orang tua yang sangat berarti bagi siswa,” jelas dia.

Wakil Kepala SMA Negeri 1 Meranti Khairina Lubis mengaku terbantu dengan adanya pembelajaran verdiferensiasi. Wanita yang biasa dipanggil Rina tersebut menyatakan bahwa dirinya tidak perlu lagi mengajarkan semua topik pembelajaran yang ada di buku kepada muridnya.

“Kalau dulu kami memaksakan semua topik pelajaran kepada murid, sekarang bisa  memilih topik-topik esensial dalam aktivitas pengajaran dan sesuai dengan kondisi murid saya. Jadi kami pun juga merasa tertolong dan merdeka,” kata dia.

Rani menilai pembelajaran berdiferensiasi mendorongnya untuk melakukan baragam cara agar siswa dapat mengeksploitasi topik pembelajaran. Sebagai guru matematika, dia berupaya menjadikan mata pelajaran tersebut mudah diterima dan lebih relevan dengan kehidupan murid sehari-hari.

“Baru-baru ini saya coba memfasilitasi para murid dengan membuat proyek kewirausahaan, ternyata ada yang memang suka berdagang. Yang terpenting esensi pelajaran matematika ini yang dikenal sebagai pelajaran yang menakutkan, dapat dirasakan lebih manusiawi bagi murid,” ungkap Rani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement