Rabu 13 Mar 2024 07:42 WIB

Caleg Gagal Jakarta I: Menpora Dito, Faldo Maldini, Yusuf Mansur, Hingga Aiman

Di Dapil Jakarta I terdapat enam kursi anggota DPR yang diperebutkan.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua KPU Hasyim Asyari (kanan) bersama dengan Komisioner KPU Yulianto Sudrajat (kiri) memimpin rekapitulasi suara.
Foto:

7. Yusuf Mansur. Ustadz yang baru-baru ini terjun ke dunia politik praktis itu merupakan caleg Perindo. Awal kariernya di politik hampir pasti diwarnai oleh kekalahan dan kegagalan menjadi anggota DPR.

Pasalnya, Yusuf tercatat hanya dicoblos oleh 4.245 pemilih di Dapil Jakarta I. Selain itu, Perindo tak memenangkan kursi DPR di dapil tersebut karena cuma mendapatkan 24.420 suara dan raihan suara secara nasional juga diprediksi tak mencapai parliamentary threshold.

8. Aiman Witjaksono. Jurnalis yang mengaku cuti agar bisa nyaleg lewat Perindo itu juga bisa dipastikan gagal masuk parlemen. Musababnya jelas karena Perindo tak mendapatkan kursi. Adapun Aiman meraih 8.605 suara.

9. Buni Yani. Dia adalah sosok yang mendapat banyak sorotan saat gelaran Pilkada DKI Jakarta 2017 yang diwarnai politik identitas. Buni Yani merupakan pengunggah video Gubernur Ahok menyinggung surat Al-Maidah.

Setelah menjalani hukuman penjara akibat unggahan itu, Buni kini menjadi caleg Partai Ummat. Namun, dia bisa dipastikan gagal. Sebab, raihan suaranya hanya 3.967 dan Partai Ummat juga tak kebagian kursi. Apalagi, partai besutan Amien Rais itu total raihan suaranya diprediksi tak mencapai parliamentary threshold.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement