Rabu 04 Sep 2024 16:02 WIB

KPU Lapor ke Jokowi Perkembangan Pemilu dan Pilkada 2024

Perkembangan Pemilu 2024 tinggal tahapan pelantikan presiden dan wapres terpilih.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaporkan perkembangan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan kedua pihak berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

"Pada siang hari ini kami dari KPU RI lengkap, kami berenam dan juga Pak Sekjen, baru saja diterima Pak Presiden didampingi Mendagri dan Mensesneg," kata Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Rabu.

Baca Juga

Dia menjelaskan, agenda pertemuan KPU RI dengan Jokowi adalah menyampaikan perkembangan Pemilu 2024 yang tinggal tahapan pelantikan.  "Sebagaimana kita tahu Pemilu 2024 sudah hampir selesai, calon-calon terpilihnya sudah ditetapkan dan pada tanggal 1 Oktober nanti akan pelantikan untuk calon DPR terpilih dan juga calon DPD terpilih," ujar Afifuddin.

Selanjutnya, kata Afifuddin, pada 20 Oktober 2024, akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. "Kami juga sampaikan update sebelum pelantikan calon DPR terpilih akan diberikan pembekalan yang melibatkan KPU dan Lemhannas untuk jajaran anggota dewan terpilih," kata Afifuddin.

Selain itu, KPU RI juga menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 yang tersisa 83 hari lagi. KPU menyampaikan tahapan Pilkada Serentak 2024 yang sudah berjalan termasuk perkembangan dari persiapan tahapan terdekat, termasuk menyampaikan laporan atau pencalonan yang ada di daerah.

"Selanjutnya nanti akan kita siapkan semua persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Jadi, KPU RI hari ini menyampaikan perkembangan Pemilu 2024 sekaligus perkembangan persiapan Pilkada serentak 2024," ujar Afifuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement