Ahad 10 Mar 2024 19:32 WIB

Disinggung Jatah Menteri Golkar Kabinet Prabowo Bertambah, Begini Jawaban Airlangga

Partai Golkar adalah bagian dan memperkuat konstruksi pemerintahan mendatang.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat pleno evaluasi Pemilu 2024 di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam WIB.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat pleno evaluasi Pemilu 2024 di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, partainya menang di 15 provinsi pada Pileg 2024. Disinggung apakah hal itu menjadi daya tawar bagi Golkar mendapatkan lebih banyak kursi di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto, Airlangga menjawab, partainya pasti memperkuat pemerintahan berikutnya.

"Pertama, pemerintahan ke depan adalah pemerintahan yang diusung oleh Partai Golkar. Jadi, Partai Golkar adalah bagian pemerintahan mendatang, ini tentunya memperkuat konstruksi dan postur pemerintahan selanjutnya," ujar Airlangga di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam WIB.

Baca Juga

Golkar menggelar rapat pleno untuk mengevaluasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Ahad malam WIB. Dalam kontestasi nasional tersebut, mereka berterima kasih kepada masyarakat yang memberikan suaranya kepada partai berlambang pohon beringin itu, sehingga bisa menempati posisi kedua dari raihan suara pada Pileg 2024.

Airlangga menyampaikan rasa optimistisnya, Golkar meraih lebih 100 kursi di DPR DPR. Apalagi berdasarkan penghitungan sementara, Golkar unggul di 15 dari total 38 provinsi di Indonesia.

"Saya juga mengapresiasi apa yang diprediksi Partai Golkar bahwa Partai Golkar akan memperoleh kursi yang signifikan dan itu di atas 100, dari hasil perencanaan yang disiapkan selama dua tahun. Alhamdulillah memberikan hasil, karena Partai Golkar menjadi partai pemenang di 15 provinsi," ujar Airlangga.

Dia menyebut, hasil tersebut merupakan bentuk kekompakan dan soliditas dari seluruh elemen Partai Golkar. Pasalnya, seluruh fungsionaris Golkar semua bergerak secara linear untuk pemilihan legislatif dan presiden pada tahun ini.

Baca: Prabowo Gunakan Bahasa Prancis Ketika Ditelepon Presiden Emmanuel Macron

"Ini adalah capaian yang menunjukkan soliditas dan kekuatan mesin partai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan juga betapa caleg Partai Golkar berjuang dengan kompak," ujar Airlangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement