Ahad 10 Mar 2024 19:01 WIB

Airlangga Deklarasi: Golkar Pemenang di 15 Provinsi pada Pemilu 2024

Pimpinan Golkar tetap menunggu hasil resmi dari KPU pada 20 Maret 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat pleno evaluasi Pemilu 2024, di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat pleno evaluasi Pemilu 2024, di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar menggelar rapat pleno untuk mengevaluasi hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dalam kontestasi nasional tersebut, pimpinan partai berlambang pohon beringin tersebut berterima kasih kepada masyarakat yang memberikan suaranya hingga Golkar menempati posisi kedua dalam pemilihan legislatif.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan rasa optimistisnya bahwa pihaknya memperoleh lebih dari 100 kursi di DPR. Apalagi berdasarkan penghitungan sementara, Partai Golkar menang di 15 provinsi.

Baca: Prabowo Gunakan Bahasa Prancis Ketika Ditelepon Presiden Emmanuel Macron

"Saya juga mengapresiasi apa yang diprediksi Partai Golkar bahwa Partai Golkar akan memperoleh kursi yang signifikan dan itu di atas 100, dari hasil perencanaan yang disiapkan selama dua tahun. Alhamdulillah memberikan hasil, karena Partai Golkar menjadi partai pemenang di 15 provinsi," ujar Airlangga di Markas DPP Golkar, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024) malam WIB.

Hasil tersebut merupakan bentuk kekompakan dan soliditas dari seluruh elemen Partai Golkar. Menurut dia, para fungsionar Golkar semua bergerak secara linear untuk pemilihan legislatif dan presiden pada tahun ini.

"Ini adalah capaian yang menunjukkan soliditas dan kekuatan mesin partai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan juga betapa caleg Partai Golkar berjuang dengan kompak," ujar Airlangga.

Baca: Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Presiden Palestina

Kendati demikian, pimpinan Golkar tetap menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diumumkan pada 20 Maret 2024. Sembari menunggu, Airlangga mengaku, para pengurus juga menyiapkan segala urusan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Hari ini kita sudah mempersiapkan untuk pilkada ke depan. Jadi, Partai Golkar sudah mengeluarkan lebih dari 1.040 penugasan untuk bupati, wali kota, gubernur, dan sekarang adalah persiapan untuk evaluasi," ujar menteri koordinator perekonomian itu.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Efek dukung Prabowo...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement