Senin 04 Mar 2024 09:54 WIB

Agenda Wisata Sulsel Masuk Kharisma Event Nusantara 2024, Apa Saja?

Disbudpar Sulsel sebenarnya mengusulkan enam kegiatan wisata.

Warga bermain di area bekas galian tambang marmer di Kelurahan Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (10/9/2023). Bekas galian tambang seluas 25 hektar milik PT Makassar Marmer Mulia Indah tersebut tidak  beroperasi lagi sejak pandemi Covid-19 lalu dan kini dijadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi warga sekitar daerah itu.
Foto: ANTARA FOTO/HASRUL SAID
Warga bermain di area bekas galian tambang marmer di Kelurahan Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (10/9/2023). Bekas galian tambang seluas 25 hektar milik PT Makassar Marmer Mulia Indah tersebut tidak beroperasi lagi sejak pandemi Covid-19 lalu dan kini dijadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi warga sekitar daerah itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --Sebanyak empat agenda wisata Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk dalam agenda pariwisata nasional, yakni Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Andi Munawir di Makassar, Ahad (3/3/2024), menyebut empat agenda tersebut, adalah Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba, Festival Salo Karajae Parepare, Toraja Internasional Festival (TIF) di Toraja dan F8 Makassar.

Baca Juga

Disbudpar Sulsel sebenarnya mengusulkan enam kegiatan wisata, namun yang disetujui Kemenparekraf empat kegiatan wisata dari total 110 kegiatan KEN 2024. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu catatan dari dua agenda wisata yang tidak masuk KEN. "Kami masih menunggu konfirmasi dari Kemenparekraf catatan untuk dua kegiatan yang tidak masuk agenda KEN," kata Munawir.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya terus mendorong agar ke depan kegiatan yang tidak terdaftar agenda terus meningkatkan kualitasnya sehingga masuk kembali dalam KEN. Sebanyak dua agenda wisata yang tidak masuk dalam kegiatan KEN adalah Festival Takabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar dan Beautiful Malino di Kabupaten Gowa.

Terkait dengan empat agenda wisata Sulsel yang masuk KEN tahun ini, diharapkan dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara ke destinasi wisata Sulsel ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement