Senin 29 Jan 2024 17:24 WIB

Festival Pacu Jalur Masuk 10 Besar Pariwisata KEN 2024

Hal ini diyakini akan meningkatkan kunjungan wisatawan nasional.

Suasana Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Ahad, (21/8/22).
Foto: AntaraAnnisa Firdausi
Suasana Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Ahad, (21/8/22).

REPUBLIKA.CO.ID, TELUK KUANTAN -- Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau masuk ke dalam 10 besar kharisma event nusantara (KEN) 2024 yang diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby di Teluk Kuantan, Senin (29/1/2024) mengatakan, hal ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan nasional ke kota ini.

Kondisi ini juga akan membantu peluang usaha kecil dan menengah masyarakat untuk terus berkembang. "Melalui FPJ yang sudah menyapa dunia, sudah ratusan tahun dilestarikan, ini menjadi kebanggaan seluruh warga Kuansing di mana saja berada," katanya.

Baca Juga

Menurut Suhardiman, suksesnya, FPJ sebagai 10 besar KEN 2024 juga akan berdampak positif dalam menggeliatkan usaha lainnya. Baik itu pendidikan, kerajinan khas daerah maupun usaha kuliner milik warga Kuansing. Dia mengatakan pada setiap acara FPJ bahkan dihadiri wisatawan dari Asia Tenggara. 

Karena, selain pacu jalur juga digelar sejumlah perlombaan seni budaya menarik di Tepian Narosa tersebut. Sementara itu, Kadis Pariwisata Kuansing Azhar Ali menyebutkan, di tahun ini ada enam kegiatan pariwisata dari Provinsi Riau yang masuk dalam KEN 2024.

Adapun yang masuk dalam KEN 2024 asal Riau adalah Festival Pacu Jalur, Festival Bakar Tongkang di Rokan Hilir, Festival Rupat di Bengkalisi, Riau Global Music Festival di Pekanbaru, Kenduri Riau, dan Festival Siak Bermadah. Sandiaga Uno telah meluncurkan KEN tahun 2024 di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

Selain FPJ, ajang yang masuk 10 besar yakni Cap Go Meh Singkawang, Pesta Kesenian Bali, Semasa Piknik, F8 Makassar, Jember Fashion Carnaval, Dieng Culture Festival, Wayang Jogja Night Carnival, Indonesian Contemporary Art & Design.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement