Sabtu 02 Mar 2024 06:14 WIB

Real Count: Titiek Soeharto Lolos ke Parlemen, Prabowo Subianto Presiden

Calon ibu negara Titiek segel kursi DPR, suaminya Prabowo melenggang ke Istana.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Titiek Soeharto berdampingan dengan Menhen Jenderal Kehormatan Prabowo Subianto di rumah Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).
Foto: IG Titiek Soeharto
Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Titiek Soeharto berdampingan dengan Menhen Jenderal Kehormatan Prabowo Subianto di rumah Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putri almarhum Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hediati Soeharto alias Titiek Soeharto hampir dapat dipastikan bakal menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Sementara itu, suami Titiek, Prabowo Subianto jika tidak ada aral melintang bakal dilantik menjadi presiden ke-8 RI dan melenggang ke Istana pada 20 Oktober 2024.

Titiek yang merupakan calon ibu negara merupakan caleg Partai Gerindra di Daerah Pemilihan (Dapil) DI Yogyakarta dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024. Di kertas suara, Titiek menempati nomor urut 1 di antara delapan caleg yang diusung Partai Gerindra.

Baca: Dua Kawan Baik Prabowo, Sjafrie Sjamsoeddin dan Glenny Kairupan

Raihan suara Titiek sejalan dengan nomor urutnya. Berdasarkan hasil penghitungan surat suara atau real count sementara yang dilakukan KPU terhadap 67,73 persen TPS di dapil tersebut per Jumat (1/3/2024), Titiek tercatat sebagai caleg Partai Gerindra peraih suara tertinggi, yakni 68.708 suara.

Adapun Partai Gerindra kemungkinan besar akan mendapatkan satu kursi anggota DPR di Dapil DI Yogyakarta. Satu kursi itu akan menjadi milik Titiek sebagai peraih suara tertinggi di partainya. Dengan begitu, dia akan kembali menjadi anggota dewan di Senayan.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Titiek adalah anggota DPR periode 2014-2019 ketika bergabung dengan Golkar. Dia kemudian pindah ke Partai Berkarya pada Pileg 2019, hingga tidak lolos ke Senayan.

Kali ini, kemungkinan Gerindra mendapatkan satu kursi itu diketahui setelah Republika.co.id pada Sabtu (2/3/2024) pagi WIB, mengkonversi raihan suara sementara partai tersebut menjadi raihan kursi menggunakan metode Sainte Lague, yang merupakan rumus resmi yang diatur dalam UU Pemilu.

Partai pimpinan Prabowo itu tercacat meraih 131.037 suara di dapil tersebut, hanya kalah dengan PDIP dan Golkar. Nasib baik juga berpihak kepada suami Titiek. Prabowo Subianto hampir bisa dipastikan menjadi capres pemenang Pilpres 2024, jika mengacu pada hasil real count sementara dan juga hasil hitung cepat.

Baca: Menhan Prabowo Ikuti Jejak SBY, Luhut, dan Hendropriyono Raih Bintang Empat

Berdasarkan hasil real count sementara yang dilakukan KPU terhadap 77,97 persen TPS per Sabtu (2/3/2024), pasangan Prabowo-Gibran tercatat meraih 75,3 juta suara. Raihan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu setara dengan 58,83 persen dari total suara masuk.

Menang satu putaran...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement