Kamis 29 Feb 2024 00:22 WIB

Program Makan Siang Gratis Disorot Bank Dunia, Ini Respons Gibran

Program makan siang gratis disinggung oleh pejabat Bank Dunia, Satu Kahkonen.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan jawaban usai ditagih warga Solo soal masjid Taman Sriwedari dan Benteng Vastenburg saat acara refleksi 3 tahun kepemimpinan, Rabu (28/2/2024).
Foto:

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen menilai Program Makan Siang Gratis perlu direncanakan dengan matang, khususnya pada aspek anggaran. Menurutnya, pemerintah perlu terlebih dahulu menetapkan dengan pasti bentuk dan sasaran program tersebut, kemudian membandingkannya dengan sumber daya yang dimiliki saat ini.

"Tergantung program seperti apa yang akan dilaksanakan dan bentuknya apa. Semua rencananya harus benar-benar dipersiapkan dan biayanya juga dipersiapkan," kata Satu Kahkonen di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Sebagai perwakilan Bank Dunia, hingga saat ini Satu Kahkonen masih menunggu rincian lebih lanjut Program Makan Siang Gratis dari pemerintah. "Kami masih menantikan (rincian Program Makan Siang Gratis). Untuk Indonesia pada dasarnya berpegang pada pagu defisit fiskal yang telah ditetapkan sebesar 3 persen dari PDB, sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement