Kamis 29 Feb 2024 00:27 WIB

Meski Kalah Nomor Urut dengan Cucu Mega, Bambang Pacul Kemungkinan Tetap Lolos ke DPR

Bambang Pacul merupakan caleg PDIP nomor urut 4 di Dapil Jawa Tengah IV.

Rep: Febryan A / Red: Andri Saubani
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus kawakan PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul masih berpeluang memenangkan kursi anggota DPR dalam Pemilu 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV. Langkah Pacul untuk kembali menjadi anggota dewan seperti tak terhenti, meski nomor urutnya di surat suara kalah dibanding cucu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pacul merupakan caleg PDIP nomor urut 4 di Dapil Jawa Tengah IV. Adapun Cucu Megawati, Diah Pikantan Orissa Putri Haprani alias Pinka merupakan caleg PDIP nomor urut 1 di dapil yang sama. Pinka yang berusia 26 tahun mendapatkan nomor urut teratas meski baru pertama kali nyaleg.

Baca Juga

Berdasarkan penghitungan surat suara atau real count yang dilakukan KPU atas 76,01 persen TPS di dapil tersebut per Rabu (28/2/2024), Pacul tercatat meraih 59.764 suara. Ketua Bappilu PDIP yang juga Ketua Komisi III DPR RI itu merupakan peraih suara terbanyak ketiga di antara tujuh caleg PDIP.

Pinka menjadi peraih suara terbanyak kedua karena berhasil mendulang 66.073 suara. Peraih suara terbanyak pertama adalah pejawat Dolfie yang mengumpulkan 88.505 suara.

Di Dapil Jawa Tengah IV, PDIP kemungkinan besar akan mendapatkan tiga kursi anggota DPR. Ketiga kursi tersebut akan menjadi milik Dolfie, Pinka, dan Pacul. Jika tak ada perubahan suara berarti, maka Pacul akan kembali menjadi anggota DPR RI.

Raihan kursi PDIP itu dihitung menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang digunakan untuk mengkonversi raihan suara partai menjadi raihan kursi. Pembagian kursi mengacu pada total raihan suara partai di dapil.

Berdasarkan real count sementara, PDIP tercatat meraih 447.399 suara di Dapil Jawa Tengah IV. Partai berlogo banteng moncong putih itu merupakan partai peraih suara terbanyak di dapil yang meliputi wilayah Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri itu. 

Partai peraih suara terbanyak kedua hingga keenam adalah Partai Golkar (154.448 suara), PKS (132.033 suara), Partai Demokrat (118.836 suara), Partai Gerindra (92.685 suara), dan PKB (68.003 suara). Adapun partai-partai lainnya raihan suaranya di bawah 50 ribu.

Di Dapil Jawa Tengah IV terdapat tujuh kursi anggota DPR yang diperebutkan. Berdasarkan hasil konversi menggunakan metode Sainte League, PDIP akan mendapatkan tiga kursi. Lalu, Golkar, PKS, Demokrat, dan Gerindra akan sama-sama mendapatkan satu kursi.

Dengan pembagian kursi seperti itu, maka caleg yang kemungkinan akan memenangkan kursi anggota DPR di Dapil Jawa Tengah IV adalah Dolfie, Pinka, dan Pacul dari PDIP, lalu Juliyatmono (Golkar), Hamid Noor Yasin (PKS), Rinto Subekti (Demokrat), serta Sriyanto Saputro (Gerindra).

 

photo
Mengapa Caleg Harus Diawasi? - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement