Selasa 27 Feb 2024 13:58 WIB

Akan Usung Siapa di Pilgub DKI Jakarta 2024? Ini Jawaban PKS

PKS harus berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung calon di Pilgub DKI Jakarta.

Rep: Eva Rianti, Febryan A, Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Surat suara pilgub DKI Jakarta 2017. Pilgub DKI Jakarta akan kembali digelar pada November 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Surat suara pilgub DKI Jakarta 2017. Pilgub DKI Jakarta akan kembali digelar pada November 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku belum fokus membahas Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Hal itu meskipun saat ini sudah mulai bermunculan beberapa nama yang diisukan bakal diusung sejumlah partai politik (parpol) untuk maju di Pilkada DKI. 

"Kami masih fokus mengawal suara presiden dan caleg-caleg kami. Belum membahas tentang Pilgub," kata Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Abdul Aziz, Selasa (27/2/2024). 

Baca Juga

Kendati belum fokus Pilgub DKI, Aziz menyebut pihaknya terbuka untuk kemungkinan berbagai opsi mengenai langkah koalisi dengan parpol lain dalam mengusung gubernur nantinya. 

Diketahui, saat ini PKS memiliki 16 suara di DPRD DKI Jakarta. Sementara berdasarkan ketentuan normal yang berlaku, syarat parpol mendaftarkan paslon harus memenuhi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD. Adapun jumlah kursi DPRD DKI adalah 106 kursi, sehingga PKS tidak memenuhi untuk mencalonkan gubernur sendirian. 

"Semua opsi dan koalisi sangat mungkin dilakukan karena kursi PKS di DKI belum cukup untuk mencalonkan gubernur sendiri," ujarnya. 

Kemudian, saat disinggung calon-calon yang berpotensi diusung, pihaknya belum bisa memastikan. Termasuk munculnya nama Anies Baswedan, eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 yang saat ini tidak berada di posisi unggul dalam Pilpres 2024. 

Aziz menyampaikan bahwa PKS masih optimistis bahwa Anies bakal memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Pihaknya meyakini bahwa pilpres tidak hanya berjalan satu putaran. 

"InsyaAllah Pak Anies akan menang dan jadi Presiden RI di putaran kedua," ujarnya. 

photo
Ilustrasi Anies Resmikan Rusunawa DKI - (republika/mardiah)

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement