Rabu 21 Feb 2024 13:56 WIB

Pungutan Wisman, Bandara Ngurah Rai: Mayoritas Turis Asing Bayar Secara Daring

Mayoritas turis asing membayar secara daring melalui Love Bali.

Petugas memeriksa tiket calon penumpang pesawat di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Selasa (2/1/2024). Pengelola Bandara Bali memprediksi akan melayani sebanyak 69.436 orang penumpang penerbangan rute domestik dan internasional saat puncak arus balik liburan tahun baru pada Selasa (2/1).
Foto:

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali Tjok Bagus Pemayun membenarkan kondisi di Bandara lancar tanpa antrean karena 80 persen wisatawan mancanegara memutuskan membayar secara daring melalui Love Bali. Hingga sepekan, jumlah pendapatan dari kebijakan ini mencapai Rp9,1 miliar atau setara 60.800 orang.

"Benar, 80 persen lebih lewat online bayar, artinya sosialisasi kami sudah diterima. Ini baru dari bandara saja karena tanggal 24 Februari baru mulai kapal pesiar turun," kata dia.

Tjok Pemayun menyebut sepekan pertama tak ada keluhan dari wisatawan terkait kebijakan ini. Ia berharap ini dapat terus bertahan dan seluruh wisman akhirnya memilih membayar secara daring.

"Betul tidak ada keluhan, karena kami sudah menyiapkan narahubung secara daring, baik itu dari dinas pariwisata, dari kominfo terkait aplikasi dan dengan BPD Bali terkait pembayaran. Di aplikasi itu jika ada wisatawan yang bertanya maka kita langsung respons," tutur Kepala Dispar Bali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement