Ahad 21 Jan 2024 14:01 WIB

Bonus Demografi, STIE Arlindo Kembangkan Pendidikan Link and Match Industri

STIE Arlindo hadir dengan inovasi dan modern.

STIE Arlindo hadir dengan inovasi dan modern
Foto: Istinewa
STIE Arlindo hadir dengan inovasi dan modern

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Tantangan bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia menjadi perhatian serius bagi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Arlindo atau Arlindo School of Management. Sebagai ikhtiarnya, pola pendidikan yang dikembangkan merujuk pada kebutuhan industri sehingga bisa menciptakan lulusan yang siap kerja dan pakai. 

“Kurikulum STIE Arlindo ini di desain dengan konsep link and match, dimana ditujukan untuk merespons tuntutan perkembangan industri yang ada di Indonesia. Kami juga menghadirkan para pakar di bidangnya untuk membuat mahasiswa memiliki pengalaman berharga selama menempuh pendidikan di STIE Arlindo,” kata Ketua STIE Arlindo, Prof Dr Dra Hj Endang Dwi Amperawati., MM, dalam jumpa media di Bekasi, Ahad (21/01/2024). 

Baca Juga

Endang mengatakan visi dari STIE Arlindo adalah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi manajemen dan ekonomi yang unggul dan bermartabat di ASEAN pada tahun 2030. Momen tersebut, kata dia, bertepatan dengan bonus demografi, dimana STIE Arlindo siap menjadi salah satu penyumbang SDM unggul dan berdayasaing.  

“STIE Arlindo hadir dengan inovasi dan modern, dimana basis kurikulum STIE Arlindo telah menanamkan prinsip dimana alumninya siap menjadi pengusaha dan profesional yang berbasis pada triple bottom line, yakni profit, planet, dan people,” ujarnya.  

Sebagai lembaga pendidikan yang berada di Bekasi -- notabene dikenal sebagai Kawasan Industri terbesar di Asia Tenggara dan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Endang melihat STIE Arlindo memiliki peran strategis untuk mencetak SDM yang siap menjawab kebutuhan industri. 

“STIE Arlindo siap menjadi inkubator untuk mengembangkan kemampuan para mahasiswanya dengan kedalaman ilmu manajemen dan apabila telah lulus siap mendedikasikan keilmuannya untuk industri setempat sehingga terwujud adanya link and match antara dunia industri dan pendidikan,” tuturnya. 

Dengan latar belakangnya sebagai pengusaha bersama Arlindo Group dan pernah menjadi guru, Endang mengatakan usaha yang dilakukannya bersama STIE Arlindo ini menjadi bentuk nyata dalam memberi kontribusinya untuk mencerdaskan anak bangsa. Ia bertekad untuk merealisasikan impiannya dengan mendirikan institusi pendidikan perguruan tinggi yang bergerak di bidang manajemen. 

“Tentu ini bukanlah proses yang mudah dalam mendirikannya.Ada banyak proses dan tantangan yang membentuk saya sehingga saya berhasil mendirikan institusi ini. Harapan kami lembaga pendidikan ini bisa siap mencetak para ekonom dan pengusaha yang dibutuhkan bangsa saat ini,“ ujarnya. 

STIE Arlindo merupakan Institusi Perguruan Tinggi Swasta sebagai hasil Alih Kelolah salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Sehingga STIE Arlindo bagian dari re-branding yang membawa Nuansa baru terutama untuk Masyarakat Jawa Barat. STIE Arlindo memiliki satu Program Studi Tunggal yakni Manajemen yang terdiri dari Konsentrasi yaitu :

1) Management of Financial and Financial Inclusion

2) Management of Marketing and Digital 

3) Management of Human Resource and Time Project

4) Management of Operation and Sustainable

Ke empat konsentrasi tersebut dapat dipilih oleh Mahasiswa sesuai minat dan fokus masing-masing dalam mempersiapkan karier masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement