Kamis 18 Jan 2024 13:00 WIB

Indikator Politik Simulasikan Putaran Dua Pilpres 2024, Ini Hasilnya

Elektabilitas Prabowo-Gibran stagnan, Pilpres 2024 diprediksi berjalan dua putaran.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan), capres cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Mahfud MD (kiri) berfoto bersama usai menyampaikan gagasannya saat menghadiri acara Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Kegiatan yang diselenggarakan KPK tersebut dihadiri oleh ketiga pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, 2 dan 3 dengan tujuan untuk menyampaikan terkait persoalan dan hambatan KPK dalam pemberantasan korupsi sehingga para pasangan capres dan cawapres tersebut dapat terlibat dalam penyelesaian persoalan yang dihadapi KPK.
Foto:

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan sekali atau dua kali putaran pada pemilu 2024 bukan ditentukan oleh Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pernyataan Hasto itu merespons harapan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani agar Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

"Satu putaran atau dua putaran itu rakyat yang menentukan bukan ketua tim kampanye Prabowo-Gibran," ujar Hasto dikutip Antara, Ahad (14/1/2024).

Ia mengklaim harapan TKN untuk kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran itu boleh saja. Meski begitu, TKN harus mengutamakan strategi politik dengan cara yang sehat dan tidak politik devide et impera.

"Ya namanya cita-cita boleh saja yang penting jangan sampai intimidasi. Apa yang dilakukan dalam tekad mewujudkan targetnya sampai kemudian harus membelah partai persatuan pembangunan, melakukan politik devide et impera itu kan cara-cara yang tidak sehat dalam demokrasi," katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu (13/1/2024), Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta kepada setiap kader dan relawan untuk bekerja keras agar Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran. Menurut Muzani, kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran merupakan suatu keharusan yang harus diwujudkan. Pasalnya, dengan menang satu putaran rakyat Indonesia tidak akan terpecah belah.

"Kita harus pastikan kader Gerindra di Karawang, di Jawa Barat, di seluruh Indonesia harus memastikan Prabowo menang satu putaran. Harus pastikan dalam Pilpres 2024 tanggal 14 Februari nanti Prabowo-Gibran akan menang satu putaran. Kita harus berjuang sungguh-sungguh, pagi-siang malam, berdoa kepada Allah dengan khusyuk agar doa kita diqobul Allah," kata Muzani dalam keterangannya, Sabtu.

photo
Komik Si Calus : Pohon - (Daan Yahya/Republika)

 

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) meyakini Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berlangsung dalam dua putaran.

 

"Dari hitungan kalkulasi semua lembaga survei yang objektif tidak ada yang tembus elektabilitas hingga 50 sampai 55 persen," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN Billy David Nerotumilena saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Billy ketika ditanya terkait adanya lembaga survei yang menyatakan bahwa pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran akan memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran.

 

Timnas AMIN, kata Billy, meyakini pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) akan masuk dan memenangkan Pilpres 2024 ketika berjalan dua putaran karena elektabilitas pasangan tersebut terus menunjukkan peningkatan.

 

Ia menambahkan, hingga saat ini lembaga survei yang objektif tidak ada yang menempatkan pasangan calon mana pun mendapatkan elektabilitas lebih dari 50 persen.

 

"Tentu pilpres akan ada dua putaran. AMIN optimis bisa masuk putaran kedua dan memenangkan pemilu lewat dua putaran," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement