Rabu 03 Jan 2024 13:28 WIB

Irman Gusman: Rizal Ramli Keras Mengkritik, Hangat dalam Persahabatan

Rizal Ramli suka membantu sahabat yang sedang kesulitan.

Almarhum Rizal Ramli saat berfoto bersama mantan ketua DPD RI Irman Gusman.
Foto: istimewa/doc pribadi
Almarhum Rizal Ramli saat berfoto bersama mantan ketua DPD RI Irman Gusman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya Rizal Ramli. Menurut dia, Rizal Ramli adalah sosok yang kritis dan tegas dalam bersikap, tapi pribadi yang hangat dalam persahabatan.

“Saya akut berbela sungkawa atas meninggalnya beliau. Bangsa ini kehilangan besar atas seorang pemikir dan aktivis yang memperjuangkan ekonomi yang bisa menyejahteraan masyarakat” kata Irman, Rabu (3/1/2023).

Baca Juga

Bagi Irman, sosok Rizal Ramli adalar figur yang konsisten dalam memperjuangkan gagasan tentang ekonomi yang berpihak pada rakyat kecil. “Beliau selalu mengkritik tegas sistem ekonomi yang hanya menghasilkan segelintir konglomerat, yang menguasai Indonesia,” ungkap Irman.

Menurut Irman, gagadan Rizal Ramli adalah 'membangun Indonesia', bukan 'membangun di Indonesia'. Membangun Indonesia berarti membangun dengan mengembangkan seluruh kemandirian bangsa. “Bukan hanya mengejar masuknya investor asing untuk membangun di Indonesia,” ungkap dia.

Sekalipun Rizal Ramli keras dalam melontarkan kritik-kritiknya terhadap sistem ekonomi yang tidak sejalan dengan gagasannya, namun Rizal Ramli adalah figur yang hangat dalam persahabatan. “Saya mengenal beliau sejak masih muda, dan beliau itu suka membantu teman yang sedang dałam kesulitan, enak untuk diajak diskusi,” ungkap Irman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement