Selasa 26 Dec 2023 23:41 WIB

Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Sejumlah Wilayah Jabar, Ini Analisis Cuaca BMKG

Beberapa bencana hidrometeorologi] terjadi di sejumlah wilayah di Jabar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pengendara melintasi genangan banjir di Jawa Barat (ilustrasi). BMKG menjelaskan mengenai bencana hidrometeorologi yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pengendara melintasi genangan banjir di Jawa Barat (ilustrasi). BMKG menjelaskan mengenai bencana hidrometeorologi yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bencana hidrometeorologi (banjir dan longsor) terjadi di beberapa lokasi di wilayah Jawa Barat pada 25 Desember 2023. Kejadian bencana tersebut turut dipicu oleh hujan intensitas lebat hingga ekstrem dalam satuan per jam, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Curah hujan terukur hingga 28.8 mm/jam pada periode pukul 15.40-16.40 WIB di Stasiun Geofisika Bandung, curah hujan 70 mm/jam pada pukul 15.30-16.30 di Cimahi, dan terukur 56.8 mm/jam pada pukul 14.00-15.00 di Purwakarta," demikian dikutip dari siaran pers BMKG, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, berdasarkan analisis dinamika atmosfer tanggal 25 Desember 2023, terdapat beberapa fenomena yang mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat. Hal itu yakni suhu muka laut relatif hangat di sekitar perairan Indonesia.

"Sehingga meningkatkan potensi suplai uap air ke wilayah Indonesia termasuk wilayah perairan utara Jawa Barat. Kelembapan udara pada lapisan 850-700 mb wilayah Jawa Barat relatif lembap yaitu 70-90 persen," kata dia.

Terdapat daerah pertemuan dan belokan angin yang melewati wilayah Jawa Barat, labilitas atmosfer pada skala lokal secara umum berada pada kondisi labil sedang hingga kuat. Dari interpretasi citra radar dan citra satelit di wilayah terdampak yakni wilayah Bandung Raya dan Kabupaten Purwakarta, terdapat pertumbuhan awan konvektif dengan jenis awan Cumulonimbus. Berikut bencana hidrometeorologi yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar:

1. Banjir terjadi di wilayah Kelurahan Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot dan Kampung Blokhawu, Cigondewah Hilir, Kecamatan Margaasih, Kota Bandung pada pukul 13.00 WIB.

2. Banjir terjadi di Kota Cimahi akibat luapan sungai Ciputri di kawasan pertigaan Cigugur Tengah-Cimindi, Jalan Mahar Martanegara sekitar siang hari

3. Tanah longsor terjadi pada pukul 13.10 WIB di Desa Salammulya Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta, kondisi tersebut berdampak kerusakan satu rumah warga akibat tertimpa material longsor.

4. Telah terjadi pohon karet tumbang di Jalan Lengkong Besar, dan di Kelurahan Balonggede, serta tiang PJU di Jalan Peta roboh dan menimpa sebuah mobil sedan di Kota Bandung. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement