Rabu 29 Nov 2023 14:54 WIB

Seusai Sakit, Menteri Luhut Tampak Hadiri Pelantikan Maruli Jadi KSAD

Presiden Jokowi melantik Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi KSAD ke-35.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pelantikan Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Kehadiran Luhut jelas mengangetkan.

Kemunculan Luhut ini merupakan yang pertama kalinya setelah ia dirawat di rumah sakit di Singapura. Selama Luhut sakit, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi menko marves ad interim.

Baca Juga

Adapun Maruli merupakan menantu Luhut. Maruli dilantik menjadi KSAD ke-35 menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang saat ini menjabat panglima TNI. Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 103/TNI/ Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD.

Lewat status di Instagram pada Selasa (10/10/2023), Luhut tak menampik soal kondisi kesehatannya yang saat itu memburuk. Dia mengaku, sedang mengalami kelelahan luar biasa.

 

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut.

Mensesneg Pratikno sebelumnya mengungkapkan kesehatan Luhut kian membaik. Saat ini Luhut masih dalam tahap pemulihan. "Bagus kan sudah pemulihan sangat bagus terus sekarang, toh sekarang kan Kemenkomarves tetap di-running oleh Plt Pak Erick," ujarnya.

Mantan rektor UGM itu mengungkapkan, Luhut juga aktif sudah berkomunikasi. Luhut juga diketahui sudah cukup sering melakukan video call. "Sering telepon-telepon lah, ya biasa lah Pak Luhut sudah mulai perintah-perintah," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement