Selasa 28 Nov 2023 11:40 WIB

Koordinator Stafsus: Pekan Ini Presiden Jokowi Tunjuk Calon KSAD

Letjen Maruli Simanjuntak sudah bertemu Mensesneg Pratikno, jadi kandidat kuat KSAD.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak menjadi kandidat kuat KSAD.
Foto: Republika.co.id
Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak menjadi kandidat kuat KSAD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menunjuk calon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan.

"Kan Pak Presiden sudah menyampaikan. Presiden tentu memilih dan memutuskan berdasarkan kriteria dan persyaratan yang ada, siapa yang eligible memenuhi syarat untuk memenuhi posisi," kata Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga

Ari pun meminta agar menunggu pengumuman dari Presiden soal penunjukan KSAD baru. Jokowi sebelumnya menyebut baru akan memutuskan calon KSAD pada pekan ini. Posisi KSAD saat ini masih dirangkap Jenderal Agus Subiyanto yang merangkap panglima TNI.

"Ya seperti yang disampaikan Presiden minggu ini. Kita tunggu putusan Presiden. Minggu ini kan? Minggu ini sampai hari Jumat loh hari kerja. Putusan Presiden menunggu minggu ini, kapan beliau memberikan keputusan kita tunggu aja," kata Ari menambahkan.

 

Sebelumnya, Panglima Komando Strategis Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak kedapatan mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023). Dia mengaku, bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Oh enggak, kebetulan ada kegiatan saja untuk komunikasi saja ngobrol-ngobrol. (Sama) Pak Mensesneg)," kata Maruli kepada wartawan di Istana. Dia mengaku tidak membahas masalah posisi KSAD, namun siap jika ditunjuk menduduki jabatan tersebut.

Maruli mengakui, selain pembicaraan membahas kondisi kesehatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan mertuanya, ia juga membahas hal lain. Menurut dia, kondisi Luhut saat ini baik-baik saja di Singapura.

"Kemarin sudah mulai keluar, jalan, lihat, sudah mulai duduk, seudah mulai beraltih, mohon doa dari semuanya supaya bisa segera kembali pulih," ujar Maruli.

Segera tunjuk KSAD...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement