Rabu 22 Nov 2023 19:31 WIB

TNI AL Ajak 381 Anggota Pramuka Lakukan Pelayaran Lingkar Nusantara

Pelayaran untuk mengenalkan anggota Pramuka wilayah RI dari Sabang-Merauke.

Pramuka (ilustrasi)
Foto: dok. Republika
Pramuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- TNI Angkatan Laut bersama 381 anggota Pramuka Saka Bahari dari seluruh Indonesia melakukan pelayaran lingkar Nusantara dalam rangka Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak, Papua.

"Melalui kegiatan pelayaran lingkar Nusantara anggota Pramuka mencintai budaya dan mengenal wilayah NKRI dari Sabang hingga Merauke," ujar Asisten Potensi Maritim KSAL Mayjen TNI (Mar) Markos dalam keterangan di Lanal Biak, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

Diakuinya, selama mengikuti STC Biak para anggota Pramuka Saka Bahari melakukan berbagai kegiatan perkemahan dan pembinaan wawasan kebangsaan cinta tanah mengenal kekayaan potensi kemaritiman di Provinsi Papua. Sebagian peserta pelayaran lingkar nusantara bersama TNI AL, berasal dari siswa pendidikan SMP dan SMA/SMK dari berbagai sekolah di Indonesia.

Selama acara berlangsung 25 hari perjalanan hingga STC Biak, menurut Mayjen Markos, siswa peserta pelayaran lingkar nusantara juga dilatih tentang disiplin dalam kehidupan kesehariannya. Dia mengatakan, STC Biak yang akan berlangsung 21-27 November menjadi pengalaman beharga bagi bekal para generasi muda Indonesia.

 

"Apalagi anak muda anggota Pramuka Saka Bahari dari seluruh Indonesia yang datang menyaksikan langsung iven kemaritiman dan kepariwisataan nasional yang dibuka Presiden Joko Widodo," kata Mayjen Markos.

Dia berharap, dengan pengalaman pelayaran lingkar nusantara ke depan para anggota Pramuka Saka Bahari memperoleh pengalaman baru dalam menatap masa depan generasi emas Indonesia 2045. Sementara, Plt Asisten 1 Sekretaris Daerah Biak Semuel Rumaikeuw berharap, generasi muda peserta pelayaran lingkar nusantara STC Biak merupakan sosok generasi penerus calon pemimpin masa depan Indonesia.

"Pemkab Biak Numfor berterima kasih denfan TNI AL karena sudah mengenalkan potensi kemaritiman STC kepada generasi milenial Indonesia," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement