Rabu 15 Nov 2023 16:27 WIB

Kali Ciliwung Meluap, 4 Kelurahan di Jaktim Terendam Hingga Setengah meter

4 kelurahan Jaktim terendam banjir hingga setengah meter akibat Kali Ciliwung meluap.

Warga menerobos banjir yang merendam rumah di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. 4 kelurahan Jaktim terendam banjir hingga setengah meter akibat Kali Ciliwung meluap.
Foto: ANTARA FOTO/RIFQI RAIHAN FIRDAUS
Warga menerobos banjir yang merendam rumah di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. 4 kelurahan Jaktim terendam banjir hingga setengah meter akibat Kali Ciliwung meluap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kali Ciliwung meluap mengakibatkan empat kelurahan di Jakarta Timur terendam dengan ketinggian 10 centimeter (cm) hingga 50 cm pada Rabu (15/11/2023) pagi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut empat kelurahan itu yakni Cililitan,  Cawang (Kecamatan Kramat Jati), Kampung Melayu, dan Bidara Cina (Kecamatan Jatinegara).

Baca Juga

"Pada Selasa malam Pos Pantau Katulampa, Bogor mengalami kenaikan status menjadi siaga 3. Hal ini menyebabkan Kali Ciliwung meluap dan merendam permukiman di empat kelurahan pada Rabu pagi sekitar pukul 03.45 WIB," kata Kasatgas BPBD Jakarta Timur Sukendar ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Tak hanya itu, hujan lokal di empat kelurahan tersebut juga menyebabkan air Kali Ciliwung meluap. Daerah yang terkena banjir, yakni Jalan Musholah Al Hikmah RT 06/RW 07 Kelurahan Cililitan dengan ketinggian air sekitar 30 cm, di Kelurahan Cawang terdapat dua RW yang terendam banjir dengan ketinggian 10 cm-40 cm, yakni RW 03 dan RW 05.

 

Kelurahan Kampung Melayu berada di Jalan Kebon Pala RW 04 dan RW 05 dengan ketinggian air sekitar 50 cm, dan Kelurahan Bidara Cina berada di Jalan Biduri RW 11 dengan ketinggian air 20 cm.

Hingga saat ini, kata Sukendar, air sudah berangsur surut. Bahkan, sejumlah kelurahan sudah tidak terjadi banjir atau genangan air.

"Hingga pukul 11.58 WIB, hanya di Kebon Pala yang masih banjir dengan ketinggian sekitar 20 cm," ujarnya.

Dia menambahkan, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DKI Jakarta wilayah Jaktim selalu bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ketua RT 13/RW 04 Sanusi mengatakan luapan Kali Ciliwung menyebabkan merendam permukiman warga sekitar pukul 04.00 WIB, dengan ketinggian air sekitar 65 cm.

Meluapnya Kali Ciliwung itu karena pada Selasa malam (14/11) tinggi muka air di Bendungan Katulampa, Bogor berstatus siaga 3.

"Memang kemarin kan hujan deras di Bogor dan Rabu dini hari di Jakarta. Ditambah lagi air kiriman dari Bogor. Namun siang ini, air sudah surut," kata dia.

Sanusi menambahkan di Kebon Pala sudah empat kali banjir selama November 2023 ini karena dinilai sodetan Kali Ciliwung tidak berfungsi secara maksimal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement