Rabu 15 Nov 2023 09:26 WIB

Bertemu Joe Biden, Zulhas Ungkap Jokowi Perjuangkan Palestina-Bahas Transisi Energi

Pertemuan Jokowi dengan Joe Biden memakan waktu hampir satu jam

Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden.
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), turut mendampingi kunjungan kerja Jokowi menemui Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dalam pertemuan tersebut, Zulhas mengungkapkan RI menyampaikan beberapa permintaan ke Amerika Serikat. 

Zulhas mengatakan awalnya Joe Biden menanyai Jokowi apa yang diperlukan dan bisa dibantu oleh Indonesia. Saat itu Jokowi langsung mengungkapkan permintaannya agar Amerika membantu menghentikan serangan Israel ke Palestina. 

Baca Juga

“Pak Jokowi meminta agar Amerika membantu menghentikan serangan Israel terhadap Palestina. Itu saya ikut rapatnya. Menghentikan serangan Israel gencatan senjata. Itu permintaan presiden. Itulah yang paling penting, yang paling diperlukan, dan yang paling membahagiakan Indonesia,” ungkap Zulhas dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023). 

Zulhas melanjutkan, Joe Biden kembali menanyakan selain menghentikan serangan Israel ke Palestina, apa yang dibutuhkan oleh Indonesia. Jokowi pun meminta agar Amerika membantu Indonesia dalam penggunaan transisi energi terbarukan (EBT). 

 

“Presiden Indonesia menjawab bantulah Indonesia transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan,” kata Zulhas lagi. 

Ketua Umum PAN ini juga menyatakan pertemuan Jokowi dengan Joe Biden memakan waktu hampir satu jam. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan  hasil KTT darurat OKI dan pesan Presiden Palestina ke Joe Biden. 

Diketahui, sebelumnya dalam KTT OKI Zulhas juga mengungkapkan peran Indonesia yang meminta dunia agar bergerak menghentikan serangan Israel ke Palestina.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement