Senin 13 Nov 2023 14:41 WIB

Pasien Meninggal Diduga Saat Pergantian Shift Perawat, Ini Klarifikasi RSUP M Djamil

Pasien ini telah satu bulan dirawat di ruang hight care unit (HCU) bedah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
RSUP M Djamil Padang
Foto:

Suction ini harus dilakukan secara berkala dengan selang waktu tertentu. Dovy menambahkan kondisi pembersihan saluran nafas berkala inilah yang kemudian pemicu kesalahpahaman dari pihak keluarga pasien yang terkesan petugas jaga telah mengabaikan anggota keluarganya dengan alasan pergantian shift kerja petugas.

“Benar sedang dilakukan pergantian shift kerja petugas, hal itu juga sejalan dengan kondisi pemantauan seluruh pasien di ruangan HCU tersebut. Petugas sebelumnya akan melaporkan kondisi dari setiap pasien yang di rawat kepada petugas berikutnya,” ujar Dovy.

Sementara, lanjut Dovy, dalam waktu yang bersamaan pada pasien adalah masa jeda untuk dilakukan suction, meski kondisi pasien saat itu terjadi penurunan kesadaran tetapi bukan dimaknai sebagai pengabaian terhadap pasien.

Suction pada pasien Yuliarni sedang tidak dilakukan karena jeda prosesnya harus dalam ritme waktu tertentu, jika dipaksakan akan berdampak buruk pada pasien itu sendiri karena kekurangan oksigen di dalam tubuh dan menyebabkan sesak napas,” kata Dovy menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement