Senin 13 Nov 2023 14:41 WIB

Pasien Meninggal Diduga Saat Pergantian Shift Perawat, Ini Klarifikasi RSUP M Djamil

Pasien ini telah satu bulan dirawat di ruang hight care unit (HCU) bedah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
RSUP M Djamil Padang
Foto:

Kejadian itu diketahui terjadi pada Ahad (12/11/2023). Menurut Direktur Utama RSUP M Djamil Padang, Dovy Djanas, pasien ini telah satu bulan dirawat di ruang hight care unit (HCU) bedah.

 

Pasien didiagnosis pascaoperasi luka bakar dan trahcheostomy setelah sebelumnya dilakukan operasi amputasi jari kaki kiri. “Kami mengucapkan maaf kalau di dalam pelayanan yang disampaikan keluarga pasien ke kami tentang belum optimal layanan di ruang rawatan,” kata Dovy, Senin (13/11/2023).

 

Pihak RSUP M Djamil menurut Dovy telah menerjunkan tim untuk mencari klarifikasi. Ia menilai pada dasarnya saat kejadian ada pergantian shift di HCU bedah. “Karena almarhumah dirawat satu bulan karena luka bakar. Ini menjadi kewajiban kami memberikan perawatan. Sebelumnya sudah dilakukan amputasi,” ujarnya.

 

Dovy menyebut di ruang HCU sudah ada standar layanan. Selama masa perawatan khususnya di ruangan HCU Bedah, pasien tersebut terus dilakukan pemantauan secara intensif baik dari dokter maupun dari perawat. Kondisi pasien harus dilakukan suction, yaitu suatu tindakan pembersihan jalan napas karena penumpukan cairan di saluran atas pernapasan.

Kesalahpahaman pihak keluarga pasien...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement