Senin 13 Nov 2023 14:41 WIB

Pasien Meninggal Diduga Saat Pergantian Shift Perawat, Ini Klarifikasi RSUP M Djamil

Pasien ini telah satu bulan dirawat di ruang hight care unit (HCU) bedah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
RSUP M Djamil Padang
Foto: Republika/ Febrian Fachri
RSUP M Djamil Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Video keributan antara keluarga pasien dan perawat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), viral di media sosial. Keluarga seorang pasien bernama Yuliarni (64 tahun) tidak terima karena perawat menolak melakukan penanganan karena alasan sedang pergantian shift.

Dalam video itu terdengar, keluarga pasien telah menjelaskan ke perawat bahwa orang tuanya dalam keadaan kritis dan telah sesak napas. Namun, perawat diduga tidak segera mengambil tindakan. Alasannya, karena bertepatan dengan pergantian shift para perawat.

Baca Juga

“Ganti shift, ganti shift juga lagi. Sudah dari jam 2 (14.00 WIB) ibu saya sesak napas, ganti shift, ganti shift juga katanya,” demikian kalimat berbahasa Minang yang telah dinarasikan dalam bahasa Indonesia, dikutip Republika.co.id, Senin (13/11/2023).

 

Keluarga pasien kecewa dan melontarkan kata-kata kasar hingga membentak-bentak perawat. Pada video itu, para perawat hanya bisa terdiam. Sementara pasien telah meninggal dunia.

“Saya tunggu sampai jam 14.40 WIB perawatnya baru datang, dan ngabarin ibu saya sudah meninggal dunia…,” begitu narasi yang beredar ditulis keluarga pasien.

Kondisi pasien harus dilakukan suction...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement