Jumat 10 Nov 2023 17:52 WIB

Viral Seorang Remaja di Tanah Datar Tempelkan Alquran ke Alat Kelamin

Kepolisian Tanah Datar sudah bergerak melacak dan menangkap remaja tersebut.

Rep: Febrian Fachri / Red: Gita Amanda
Pelaku penistaan Alquran di Tanah Datar telah ditangkap. (ilustrasi)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Pelaku penistaan Alquran di Tanah Datar telah ditangkap. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Seorang remaja di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, viral setelah foto-foto dirinya melakukan penistaan ayat suci Alquran beredar. Remaja tersebut diketahui bernama Nauval Wira Hakim (18 tahun). Foto-foto Nauval yang tersebar adalah dirinya meletakkan kitab suci Alquran di kelaminnya.

Ada dua foto terkait penistaan agama yang dilakukan remaja ini. Seperti dilihat di akun Instagram @keluhkesahojol.id, remaja itu tampak telanjang menempelkan Alquran di alat kelaminnya.

Baca Juga

Pada foto kedua, diduga remaja ini melakukan masturbasi. Kemudian Alquran diletakkan di depannya. Di foto yang beredar itu, terlihat percikan air yang diduga air mani yang dikeluarkan di atas Alquran.

Aksi tidak terpuji Nauval sudah dimonitor oleh kepolisian di Tanah Datar. Kapolres Tanah Datar, AKBP Derry Indra, mengatakan pihaknya sudah bergerak dengan melacak lokasi remaja tersebut dan melakukan penangkapan.

 

“Kami monitor ada yang viral lalu kami amankan yang bersangkutan. Yang bersangkutan sedang kami lakukan pemeriksaan,” kata Derry Indra, Jumat (10/11/2023).

Derry menyebutkan penangkapan dilakukan beberapa saat setelah foto-foto dugaan penistaan agama yang dilakukan remaja ini viral. “Hari ini (diamankan). Kami cek, karena disebutkan (dari foto yang beredar alamat) di Batusangkar,” ujar Derry.

Derry belum bisa merinci motif remaja ini hingga melakukan tindakan dugaan penistaan agama. Menurut dia, proses pemeriksaan masih berlangsung. “Kami masih melakukan pemeriksaan dan menggali motif yang bersangkutan melakukan tindakan tersebut,” kata Derry menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement