Selasa 31 Oct 2023 17:52 WIB

Razia Uji Emisi Dimulai 1 November 2023, Pj Heru Bakal Turun ke Lapangan

Pj Heru akan keliling memantau pelaksanaan razia uji emisi kendaraan di Jakarta.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas melakukan uji emisi mobil di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas melakukan uji emisi mobil di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya memastikan menggelar kembali razia uji emisi untuk kendaraan bermotor di Ibu Kota pada Rabu (1/11/2023). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku, akan memantau razia uji emisi tersebut.

"Iya (memantau) bareng ya. Kita cari dulu tempatnya, keliling ya," kata Heru di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa (31/10/2023).

Baca Juga

Saat ditanyakan lokasi yang akan didatangi, Heru hanya menjawab singkat. "Nanti tanya sama Dishub di mana (lokasinya)," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, razia uji emisi sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta. Menurut dia, dengan kebijakan itu maka bisa sekaligus mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

 

"Ini sangat efektif. Dari hasil kajian kami bersama NGO (LSM) internasional, Vital Strategies, menunjukkan bahwa intervensi sumber emisi dari sumber bergerak yang terbesar adalah dengan uji emisi," kata Asep di Jakarta pada Senin (30/10/2023).

Menurut Asep, razia uji emisi harus terus digalakkan. Diawali dengan pelaksanaan pada September 2023, dan dilaksanakan kembali pada awal November ini. Dia menegaskan, razia uji emisi akan berjalan dengan mekanisme yang sudah disempurnakan.

Pungut pajak ojol...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement