Rabu 25 Oct 2023 05:50 WIB

Di Hadapan Penyidik, Firli Akui Bertemu Syahrul Yasin Limpo di GOR

Firli pernah melakukan pertemuan dengan SYL yang saat itu masih menjabat Mentan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Ketua KPK Firly Bahuri (kiri) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Foto: Dok Republika
Ketua KPK Firly Bahuri (kiri) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan menteri Pertanian (mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dia periksa tim gabungan dari Penyidik Subdit Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dengan Dittipidkor Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri.

"Pemeriksaan hari ini mulai pukul 10.00 WIB-19.30 WIB, yang dilakukan terhadap FB selaku Ketua KPK Firli dalam kapasitasnya sebagai saksi," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Dalam pemeriksaan itu, kata Ade Safri, penyidik Polda Metro Jaya menanyakan kepada Firli Bahuri mengenai kebenaran foto dirinya dengan SYL yang telah beredar luas di jejaring media sosial. Kemudian Firli Bahuri membenarkannya.

Selain itu Firli Bahuri mengakui adanya pertemuan dengan mantan menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pertemuan tersebut terjadi di sebuah gelanggang olahraga (GOR).

 

“Membenarkan (bertemu dengan Firli). Lalu sekira bulan Maret 2022, yang jelas beliau (Firli Bahuri) mengakui pertemuan itu,” ujar Ade Safri.

Dalam foto yang beredar, diduga Firli pernah melakukan pertemuan dengan SYL yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Pertanian dan merupakan merupakan pihak yang berperkara. Namun, Firli menjelaskan pertemuan dengan SYL digelar sebelum dugaan korupsi di Kementan terjadi.

Menurutnya, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022. Bahkan, kata Firli, pertemuan dengan politikus Partai Nasdem tersebut tidak dilakukan dengan empat mata saja, melainkan beramai-ramai dan di tempat terbuka.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," kata Firli.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement