Senin 23 Oct 2023 15:18 WIB

Ini Analisis Pengamat Soal Prabowo Gandeng Gibran di Pilpres 2024

Pengamat sebut dua kali kekalahan mendorong Prabowo nekat gandeng Gibran untuk menang

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Prabowo bertemu Gibran. Pengamat sebut dua kali kekalahan mendorong Prabowo nekat gandeng Gibran untuk menang
Foto: Republika/Alfian
Prabowo bertemu Gibran. Pengamat sebut dua kali kekalahan mendorong Prabowo nekat gandeng Gibran untuk menang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024. Pengumuman ini pun mengakhiri spekulasi tentang cawapres Prabowo yang sejak awal menduga Gibran didesain untuk mendampinginya dan dikuatkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, langkah Prabowo yang bersikukuh menggandeng Gibran di tengah sorotan publik menunjukkan tekad Menteri Pertahanan itu untuk menang di pilpres kali ini. Pengalaman Prabowo yang kalah dua kali di Pilpres 2014 dan 2019 dari Jokowi, membuatnya perlu mendapat dukungan dari Presiden ketujuh RI tersebut.

Baca Juga

"Pak Prabowo kalah dua kali di Pilpres 2014 dan 2019 maka Pak Prabowo ingin menang, maka harus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pak Jokowi, simbiosis mutualisme. Jadi Pak Prabowo ingin mendapatkan dukungan dari Pak Jokowi," ujar Ujang dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Di sisi lain, lanjut Ujang, kompromi dari dukungan ke Prabowo tentu juga perlu menguntungkan bagi Jokowi. Karena itu, Gibran dimajukan untuk mengisi posisi bakal cawapres.

"Makanya komprominya ya nama Gibran menjadi cawapres Pak Prabowo yang didukung juga oleh Koalisi Indonesia Maju. Dalam konteks itu ada kekuatan penggabungan antara kekuatan Prabowo dan kekuatan Jokowi," ujarnya.

Prabowo-Gibran bakal temukan banyak tantangan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement