Sabtu 14 Oct 2023 14:51 WIB

Peringati HUT Ke-78 TNI, Sejumlah Mahasiswa Gelar Gowes dari Tangsel ke Bandung

Peserta start dari Makodim Tangsel dan berhenti di Makodam III/Siliwangi, Bandung.

Para peserta Gowes Persatuan Tangsel-Bandung di Markas Kodim, Pamulang, Tangsel, Sabtu (14/10/2023).
Foto: Republika.co.id
Para peserta Gowes Persatuan Tangsel-Bandung di Markas Kodim, Pamulang, Tangsel, Sabtu (14/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gowes Touring Persatuan Indonesia akan digelar 14-15 Oktober 2023 dari Kota Tangerang Selatan, Banten ke Kota Bandung, Jawa Barat. Acara tersebut dihelat sebagai rangkaian HUT ke-78 TNI sekaligus upaya memperkuat Sila ke-3 Pancasila, yakni persatuan Indonesia yang mulai luntur di tahun politik.

Ketua Pelaksana Gowes Touring Persatuan Indonesia Tangsel-Bandung, Edy Kusno mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan bersepeda tersebut bertujuan untuk meningkatkan persatuan sesama anak bangsa. Kegiatan gowes bersama diikuti sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

"Tujuan gowes Musicycle ini ikut serta secara aktif mengupayakan peningkatan persatuan sesama anak bangsa, sesama pemuda untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah," kata Edy saat membuka acara Gowes Persatuan Tangsel-Bandung di Markas Kodim, Pamulang, Tangsel, Sabtu (14/10/2023).

Gowes Touring Persatuan Indonesia memulai start dari Kodim Tangsel dan berakhir di Kodam III/Siliwangi. Kegiatan itu diwarnai rilis single lagu berjudul 'Persatuan Indonesia' oleh Anak Rimba X Sendau. Lagu tersebut didedikasikan dalam rangka HUT ke-78 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2023

Edy menjelaskan, kegiatan Gowes Persatuan Indonesia Tangsel-Bandung untuk menunjukkan kemajuan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Menurut dia, roh TNI sebenarnya berada di dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, yang tak terpisahkan.

"Kegiatan ini menunjukkan kemajuan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Sesungguhnya roh atau kekuatan TNI terletak pada kemanunggalan TNI dan rakyat. Mari kita galang persatuan antar sesama anak bangsa. NKRI harga mati," ucap Edy.

Dia menambahkan, dalam setiap kegiatan gowes, pihaknya selalu berkampanye untuk menghijaukan bumi dan mengajak masyarakat untuk bersepeda. Tak lupa, ajang bersepeda juga menjadi refleksi bagi masyarakat untuk membirukan bumi dengan mengurangi polusi udara.

"Semoga perjalanan kami senantiasa Allah SWT ridhoi dan berkahi diberikan segala kemudahan, kelancaran, kesehatan, kekuatan serta dijauhkan dari halangan dan rintangan," ucap Edy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement