Rabu 11 Oct 2023 19:38 WIB

Kawasan Dieng Berpotensi Dikembangkan Jadi Geopark Nasional

Kawasan Dieng memiliki potensi geoheritage, geo biodiversity, dan geo culture.

Wisatawan mencari embun es di lahan pertanian kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan mencari embun es di lahan pertanian kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Kawasan Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi geopark nasional, baik dari sisi geoheritage, geo biodiversity, maupun geo culture. "Geoheritage berbentuk bentang alam yang berpotensi menjadi objek wisata, geo biodiversity dengan adanya flora dan fauna khas di kawasan Dieng," kata Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, Rabu (11/10/2023).

Dieng berpotensi menjadi geo culture berupa warisan kebudayaan dengan situs peninggalan peradaban yang menjadi keunggulan tersendiri atas kekayaan alam dan budaya. Penilaian tersebut merupakan sebuah standardisasi dalam mempersiapkan kematangan Dieng sebagai geopark nasional, di mana berbagai kegiatan telah menyertai prosesnya, mulai dari digelarnya berbagai seminar yang melibatkan pemangku wilayah, pemangku kebijakan, dan stakeholders lainnya.

Baca Juga

"Kami menyadari bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara dalam prosesnya sangat membutuhkan fasilitasi, supervisi, dan asistensi, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Saya menyambut baik atas kedatangan tim Komite Nasional Geopark Indonesia, dan Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia beserta seluruh rombongan, di Kabupaten Wonosobo," katanya.

Melalui momentum penilaian ini, dia berharap, dapat menghasilkan output yang baik untuk melangkah ke tahap selanjutnya, sekaligus sebagai input bahan berbenah dan meningkatkan performa dalam mengembangkan Dieng sebagai geopark nasional.

 

General Manager Geopark Dieng Sri Utami menjelaskan, selama tiga hari ke depan akan ada Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) yang akan melakukan penilaian awal sebelum dilakukan proses verifikasi oleh Kementerian ESDM RI pada Januari 2024.

"Penilaian ini merupakan tindak lanjut dari usulan Gubernur Jawa Tengah untuk menaikkan tingkat, yang semula Geopark Dieng menjadi geopark nasional, dan ini sudah berproses melalui komitmen bersama antar Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara sejak 2015, kemudian hasil assesment ini akan ditindaklanjuti oleh Kemenko Maritim dan Investasi sebelum akhirnya ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional," katanya. 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement