Selasa 28 May 2024 21:42 WIB

Kunjungan Wisata ke Dieng Dinilai tak Terdampak Larangan Study Tour

Menurut Dinparbud setempat, kunjungan wisata ke Dieng terpantau masih tinggi.

Wisatawan mencari embun es di lahan pertanian kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (ilustrasi). Kunjungan wisata ke Dieng dinilai tak terdampak larangan study tour.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan mencari embun es di lahan pertanian kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (ilustrasi). Kunjungan wisata ke Dieng dinilai tak terdampak larangan study tour.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan larangan kegiatan study tour oleh sejumlah pemerintah daerah tidak berdampak terhadap kunjungan wisata ke Banjarnegara. Khususnya, kunjungan wisata ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng.

"Alhamdulillah kunjungan wisata ke Dieng hingga saat ini masih terpantau cukup tinggi," kata Kepala Dinparbud Kabupaten Banjarnegara Tursiman di Banjarnegara, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan wisatawan yang datang ke Dieng tidak hanya masyarakat umum, juga rombongan pelajar dari berbagai daerah di luar wilayah Banjarnegara. Menurut dia, larangan kegiatan tur studi tersebut tidak bersifat umum dan tidak diberlakukan di setiap daerah karena masing-masing daerah mempunyai kebijakan sendiri.

"Kalau kami dari Dinas Pariwisata sebenarnya tidak boleh ada larangan seperti itu," kata dia.

 

Menurut dia, pokok permasalahan yang memunculkan larangan kegiatan tur studi sebenarnya bukan pada kebijakan study tour, melainkan faktor kelaikan kendaraan yang digunakan dan sebagainya. Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan kunjungan wisata ke Dieng tetap tinggi dan terus meningkat terutama pada masa liburan sekolah.

"Tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng juga terlihat dari kunjungan wisatawan pada libur panjang akhir pekan kemarin yang berkaitan dengan Hari Raya Waisak, rata-rata mencapai 6.000 orang per hari," ujarnya.

Disinggung mengenai rencana penyelenggaraan Dieng Culture Festival (DCF) XIV Tahun 2024, dia mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, kegiatan tersebut akan digelar pada 23-25 Agustus. Menurut dia, tanggal penyelenggaraan DCF XIV Tahun 2024 tersebut ditetapkan setelah pihaknya mendapat kepastian bahwa seluruh proyek penataan KWDT Dieng telah selesai dilaksanakan pada Juli.

"Mudahan-mudahan cuaca mendukung, termasuk fenomena frost atau embun beku yang biasa muncul pada puncak musim kemarau diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Tursiman.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement