Senin 09 Oct 2023 15:00 WIB

Manfaatkan Lahan Pekarangan untuk Memenuhi Kebutuhan

Pemkot Tasikmalaya siap memfasilitasi pemasaran produk hasil pertanian masyarakat.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha
Pemkot Tasikmalaya siap memfasilitasi pemasaran produk hasil pertanian masyarakat.
Foto:

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menilai, banyak produk hasil pertanian yang berkualitas dihasilkan oleh para kelompok tani di Kota Tasikmalaya. Untuk mendukung pemasaran produk pertanian itu, Pemkot Tasikmalaya siap melakukan promosi. 

"Saya kira perlu terus promosi dan pembinaan agar bisa dipasarkan lebih luas. Kita juga akan terus fasilitasi agar sebulan sekali para petani ini bisa menjual produknya, paling tidak sebulan sekali. Ini yang sedang kami bahas," kata dia.

Dengan membuat kegiatan gelar produk pertanian secara rutin, Ivan menilai, masyarakat bisa datang langsung untuk mencari produk pertanian yang segar. Di sisi lain, masyarakat juga akan terdorong meningkatkan semangat bertani di lahan pekarangan rumah mereka masing-masing. 

"Tadi ada aspirasi setiap bulan diadakan kegiatan ini di Bale Kota. Namun saya pikir aksesnya kurang. Saya maunya di Dadaha, jadi orang bisa banyak yang datang," kata dia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Aswin Kosotali mengatakan, kegiatan Gelar Produk Pertanian dan Gelar Pangan Murah itu merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan strategis di Kota Tasikmalaya. Mengingat, momen menjelang akhir tahun biasanya diikuti dengan peningkatan harga akibat peningkatan permintaan. Apalagi, saat ini kondisi pertanian di banyak wilayah terdampak dengan fenomena El-Nino yang menyebabkan kekeringan.

"Beberapa komoditas yang ditampilkan dan diperjualbelikan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Kota Tasikmalaya,salah satunya bersumber dari program Setaman Cinta. Adapun berbagai komoditas hortikultura yang dijual adalah aneka cabai, bawang merah, dan sayuran," kata dia.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement