Rabu 04 Oct 2023 15:06 WIB

Pj Heru Budi Resmikan Reservoir Komunal di Rusun Waduk Pluit Muara

PAM Jaya ingin meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh DKI.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (4/10/2023).
Foto: Republika.co.id/Haura Hafidzah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (4/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan operasionalisasi Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (4/10/2023). Reservoir tersebut dibangun oleh Perumda PAM Jaya.

Pembangunan itu untuk merealisasikan target 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan bagi seluruh warga Jakarta pada 2030. Selain itu, PAM Jaya juga ingin meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga

"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Perumda PAM Jaya yang melakukan aksi untuk memberikan pelayanan air bersih kepada warga Jakarta khususnya di wilayah Jakarta Utara ini," kata Heru di lokasi.

Dia menjelaskan, pembangunan reservoir komunal, juga sebagai langkah Perumda PAM Jaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di Penjaringan. Selama ini, warga di kawasan pesisir, termasuk Penjaringan, masih ada yang kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Heru pun meminta kepada camat, lurah, RT dan RW di Penjaringan agar dapat memelihara dengan baik Reservoir Komunal Waduk Pluit yang telah dibangun. Selain itu, ia juga berpesan air dari reservoir komunal dapat digunakan warga secara bijak.

"Saya titip dirawat. Ini adalah aset PAM Jaya yang digunakan untuk kepentingan warga agar mendapatkan air bersih. Bersama kita jaga fasilitas ini dengan baik untuk seluruh masyarakat di wilayah Muara Baru," kata Heru.

Dia menambahkan, pembangunan reservoir komunal akan terus bertambah di lokasi yang kekurangan air bersih. "Hal ini juga dilakukan khususnya untuk menghadapi musim kemarau panjang," ujar Heru.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasruddin mengatakan, pihaknya membangun empat tambahan reservoir komunal dan satu instalasi pengolahan air (IPA) portable dengan total biaya investasi sekitar Rp 41 miliar. Perbaikan fasilitas itu bisa memberi layanan kepada 7.741 pelanggan.

Langkah tu diharapkan memberikan dampak positif bagi pelayanan air perpipaan warga Jakarta. "Reservoir komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya. Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Sehingga pelanggan dapat menerima debit air yang cukup," kata Arief.

Pembangunan reservoir komunal, lanjut Arief, bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya. "Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit berlangsung selama tiga bulan dengan debit air lima liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik," ucap Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement